25 radar bogor

Soal Gaji PNS Naik Tahun Depan, Bima: Masih Ada Peluang

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,Presiden Jokowi memastikan gaji ke-13 dan THR (tunjangan hari raya) tetap akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) pada 2020.

Sedangkan soal kenaikan gaji PNS tidak disinggung Jokowi dalam pidatonya pada 16 Agustus.

Lantas adakah peluang gaji PNS naik tahun depan? Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, peluang itu bisa saja terjadi.

Mengingat, pernyataan Presiden Jokowi saat pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN 2020 beserta nota keuangannya di depan rapat Paripurna DPR di Senayan, Jumat (16/7), itu, belum jadi produk hukum.

“Kan belum jadi UU APBN. Kalau misalnya anggota DPR mengusulkan kenaikan gaji PNS di Badan Anggaran kan boleh. Tinggal realistis gak beban fiskalnya,” kata Bima kepada JPNN.com, Selasa (20/8).

Sebagai sekjen Korpri, Bima berharap tahun depan ada kenaikan gaji PNS. Alasannya, tingkat inflasi semakin variatif. Biasanya tiap tahun pemerintah mengusulkan kenaikan gaji PNS dengan persentase mengikuti laju inflasi.

Namun, untuk 2020, menurut Bima, belum ada usulan dari pemerintah. Bima berharap, ada usulan terutama dari DPR untuk kenaikan gaji PNS disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara. (jpnn)