25 radar bogor

Setelah Sukabumi, Giliran Pangandaran Diguncang Gempa Tektonik

ilustrasi gempa bumi

PANGANDARAN-RADAR BOGOR, Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia, Senin (19/8/2019).

Setelah Kabupaten Sukabumi, kali ini giliran Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya diguncang gempa tektonik magnitudo 4,3, sekitar pukul 11:00 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.3 terletak pada koordinat 8.09 LS – 108.09 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 62 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 78 Kilometer.

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi, merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Selatan pulau Jawa, dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas I – II MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” pungkasnya.

Hingga laporan ini dibuat pukul 11:17 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut,” imbaunya. (ysp)