Beranda Metropolis

Kesamaan Visi, Tiga Partai Resmi Bergabung Dalam Fraksi Parlemen Kota Bogor

Wajah baru anggota DPRD Kota Bogor untuk priode 2019-2024.

BOGOR-RADAR BOGOR, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi bergabung dalam fraksi parlemen Kota Bogor.

Tiga partai ini menamakan fraksi Kebangkitan Bintang Restorasi dengan tagline Maju Bersama Tiga Satu Jiwa.

Ketua DPC PBB Kota Bogor Subhan Mutardla mengatakan, gabungan ketiga partai menjadi satu fraksi karena adanya kesamaan visi dan misi.

Tagline yang diusung juga memiliki arti bahwa Kota Bogor akan dibangun selama lima tahun ke depan secara bersama-sama.

Sehingga atas gabungan partai tersebut diharapkan menjadi kekuatan politik untuk mewujudkan harapan masyarakat Kota Bogor agar lebih baik.

“Kekuatan partai ini menjadi sebuah harapan dari masyarakat yang benar-benar memperkuat dan memperjuangkan aspirasi masyarakat kota Bogor agar menjadi lebih baik,” ujarnya kepada Radar Bogor usai melakukan tandatangan MoU tiga partai, Sabtu (17/8).

Subhan mengungkapkan, terbentuknya fraksi gabungan itu tidak terlalu lama memakan waktu.

Sebab dalam membangun kesepahaman, ketiga partai menganut konteks proporsional dan profesional. Sehingga pembagian tugas serta kewenangan menjunjung keadilan dan kebersamaan.

“Jadi hal-hal teknis yang sudah kita sepakati bersama tertuang dalam MoU yang kita tandatangani pada hari ini,” katanya.

Ketua DPD Nasdem Ian Mulyana Jaya Sumpena mengungkapkan, prioritas fraksi selama lima tahun ke depan salah satunya adalah pergantian pimpinan fraksi secara bergilir.

Tiga tahun untuk PKB dan masing-masing 1 tahun untuk PBB dan Nasdem. Untuk tahun pertama dan kedua dipastikan PKB yang akan memimpin.

Kemudian, tahun ketiga dan keempat antara Nasdem dan PBB. Lalu tahun terakhir kembali PKB.

“Nanti PKB menentukan sendiri siapa ketua fraksi, apakah itu-itu saja atau bergantian, yang penting lima itu berkeadilan, pernah merasakan menjadi ketua fraksi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Bogor Heri Firdaus menuturkan, meski PKB terbanyak di dalam koalisi fraksi, namun prinsip-prinsip pengaturan dengan cara yang proporsional dan profesional. Sehingga posisi akan diisi oleh orang yang tepat.

Heri berharap fraksi gabungan ini bisa produktif dan membanggakan serta memberikan manfaat besar pada masyarakat Kota Bogor.

“Tentu dia harus bisa membanggakan partainya dan bisa bermanfaat buat masyarakat,” pungkasnya. (gal/c)

Baca Juga