25 radar bogor

Presiden Yakin SDM Berkualitas Bisa Bawa RI Keluar dari Kutukan SDA

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas utama yang didorong pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lima tahun ke depan. Mantan Wali Kota Surakarta itu mengatakan, SDM yang berkualitas dapat menciptakan ide-ide atau inovasi, termasuk untuk mengolah potensi ekonomi berbasis Sumber Daya Alam (SDA).

“Kita butuh terobosan-terobosan jalan pintas yang cerdik yang mudah yang cepat. Kita butuh inovasi-inovasi yang disruptif, yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang. Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi, kita bisa keluar dari kutukan sumber daya alam,” kata Jokowi dalam acara sidang bersama DPR-DPD RI 2019 di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8).

Jokowi bilang, ada banyak cara untuk membenahi SDM Indonesia agar dapat bersaing dengan tenaga kerja global. Salah satunya melalui peningkatan kualitas lembaga pendidikan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan, pada periode 2020-2024, Indonesia berada di puncak bonus demografi. Maka dari itu, jika kualitas SDM diperbaiki, maka bonus demografi itu dapat RI nikmati.

“Jika kita, kita semua, segera serius berbenah bersama, saya yakin kita akan mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan,” ungkap Jokowi.

Selain lembaga pendidikan, menurut Jokowi, keluarga juga memiliki peran sentral dalam membentuk SDM Indonesia yang berkualitas di masa depan. Jokowi berharap, selain mempunyai ketrampilan mumpuni, SDM Indonesia juga berkarakter jujur, kolaboratif, solutif, serta memiliki jiwa kewirausahaan.

“Ketrampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatihkan sejak pendidikan menengah ini. Untuk tingkat pendidikan tinggi, kita harus berani mencanangkan target tinggi bahwa SDM lulusan pendidikan tinggi kita harus kompetitif di tingkat regional dan global,” pungkas Jokowi. (JPG)