25 radar bogor

Lagi, IPB Berada di Posisi 3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia

Rektor IPB University, Dr. Arif Satria bersama Mohammad Nasir.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tahun ini, IPB University kembali menduduki peringkat tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, berada di bawah ITB dan UGM yang menduduki posisi pertama dan kedua.

Peringkat tersebut ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2019, Jumat (15/8/2019).

Klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia dimaksudkan dalam rangka mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan mendunia.

“Pemeringkatan dan klasterisasi ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi di Indonesia. Dengan adanya klasterisasi dan pemeringkatan ini diharapkan perguruan tinggi di Indonesia semakin baik, maju, dan mendunia,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohammad Nasir.

Ia menerangkan, terdapat empat kriteria utama yang digunakan dalam klasterisasi ini yaitu input, proses, output, dan outcome.

“Persentase outcome paling besar karena dari outcome inilah peran perguruan tinggi dapat terlihat di masyarakat,” tuturnya.

Ada indikator baru, lanjut Nasir, yang digunakan dalam penilaian tahun ini, yaitu jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan selama enam bulan, jumlah sitasi per dosen, dan jumlah patent per dosen.

“Selamat kepada perguruan tinggi yang telah memperoleh prestasi yang baik ini, mudah-mudahan dengan mendapat prestasi membanggakan ini, perguruan tinggi semakin lebih baik dan semakin mendunia,” pungkas Nasir.

Terkait prestasi yang didapatkan Rektor IPB University, Dr. Arif Satria mengaku senang dan bangga. “Alhamdulillah IPB kembali masuk tiga besar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, ini adalah sebuah penghargaan dari Ristekdikti, yang merupakan hasil kerja keras kita semua,” tuturnya dalam siaran pernya yang diterima radarbogor.id, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya, prestasi membanggakan ini diperoleh atas kinerja IPB di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen perguruan tinggi, dan termasuk unggulan inovasi.

Dengan diperolehnya prestasi membanggakan ini, Arif Satria berharap dapat memotivasi seluruh warga IPB untuk terus berupaya semakin maju dan semakin profesional.

Di sisi lain, dengan prestasi yang diperoleh IPB University ini, Arif Satria berharap dapat memotivasi generasi muda untuk meningkatkan perhatiannya terhadap pertanian Indonesia.

“Mestinya prestasi ini juga dapat menjadi perhatian bagi siswa-siswi SMA di seluruh penjuru nusantara. Diharapkan siswa-siswi terbaik dapat masuk IPB untuk memajukan pertanian Indonesia,” pungkasnya.(pin/*)