Beranda Politik

MPR Gelar Gladi Bersih Sidang Tahunan, Zulkifli: Sudah 90 Persen

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah kepala tinggi lembaga negara, mantan presiden dan wakil presiden dipastikan akan hadir dalam Sidang Tahunan MPR pada Jumat (16/8) besok.

Untuk memastikan kelancaran Sidang Tahun 2019, Setjen MPR sebagai tuan rumah menggelar gladi bersih persiapan hajatan tahunan itu. Para petugas dan beberapa paspamres juga tampak sedang melakukan gladi bersih layaknya peserta sidang, dan mengecak berbagai tempat sidang utama di Gedung Kura-Kura.

Pantauan JawaPos.com di lapangan, tempat utama digelarnya sidang tahunan di Gedung Kura-Kura tampak sudah tertata rapih. Karpet merah pun telah digelar. Gedung sakral berwarna hijau itu dipeecantik dengan hiasan bertema merah dan putih. Hal yang sama juga tampak dari depan pintu masuk. Bentangan kain merah dan putih sudah menghiasi pagar gedung parlemen tersebut.

Selaku tuan rumah, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan‎, acara ini persiapannya sudah sangat matang. Bahkan sudah dibilang mencapai 90 persen. Sehingga dia berharap bisa berjalan dengan lancar.

“Semongga semuanya bisa sesuai dengan harapan,” ujar pria yang akrab disapa Zulhas di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (15/8).

Momen sidang ini sangat spesial. Karena momentum juga selesainya Pileg dan Pilpres 2019. Sehingga acara ini sekaligus silaturahmi bagi para tokoh-tokoh bangsa. Apalagi di 2019 ini adalah momen terakhir penyelenggaraan sidang bagi para Anggota DPR, MPR dan DPD periode 2014-2019.

“‎Pesannya ini kan masa sidang terakhir bagi MPR, DPR, DPD periode ini,” katanya.

Terpisah, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, persiapan sidang tahunan MPR sudah rampung. Ia pun telah melakukan sejumlah pengecekan.

“Semua persiapan sudah diselesaikan ke-setjenan, undangan sudah diberikan. Mudah-mudahan besok berjalan baik,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Politikus Partai Golkar ini berharap, semua tamu undangan hadir. Mengingat dalam hajatan akbar ini Presiden Jokowi akan menyampaikan pidatonya.

“Ada pidato pembacaan nota keuangan daripada bapak presiden. Mudah-mudahan semua bisa hadir seperti biasa,” tutur Bamsoet.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono memaparkan Sidang Tahunan MPR memiliki makna untuk menegakkan kedaulatan rakyat. (JPG)

Baca Juga