Beranda Berita Utama

Capai Fase Puncak, 17 Agustus Kloter Pertama Bogor Pulang ke Tanah Air

BOGOR-RADAR BOGOR, Penyelenggaraan ibadah haji 2019 sudah mencapai fase puncak. Bahkan ada jamaah yang sudah rampung menyelesaikan rangkaian rukun Islam yang kelima itu.

Jamaah Kota Bogor misalnya. mereka ada yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji secara tuntas yaitu Thawaf Ifadhah dan Sa’i Haji.

Sekretaris Umum MUI Kota Bogor Ade Sarmili mengatakan, khusus info dari kloter 31 JKS, ada sekitar 90 orang yang melaksanakan nafar tsani artinya kembali dari Mina ke Mekkah pada hari ketiga tasyrik atau tanggal 13 dzulhijjah.

“Sementara sisanya mengambil nafar awal, atau pulang dari mina pada tanggal 12 dzulhijjah, dari 386 jamaah haji kloter 31 asal Kota Bogor,” kata Ade Sarmili dalam laporannya.

Hari ini Rabu (14/8/2019) merupakan hari terakhir berada di Mina bagi jamaah haji yang mengambil nafar tsani, dan akan melaksanakan jumroh terakhir pada waktu ba’da zawal nanti.

Menurut Ade, banyak juga jamaah haji selain melalaksanakan Thawaf Ifadhah juga melaksanakan Thawaf Wada atau thawaf perpisahan, untuk kemudian pulang ke negara masing-masing atau ziarah menuju Mina.

“Tanggal 17 Agustus lusa jamaah haji yang tergabung di kloter 1/jks dari Kabupaten Bogor akan meninggalkan kota Mekkah menuju Iindonesia untuk kepulangan,” ujar Ade.

Sementara itu, setelah beberapa hari sangat padat dan banyak toko-toko tutup karena puncak haji tahun ini, suasana kota Mmekkah kembali menggeliat. (ysp)

Baca Juga