Beranda Nasional

Usai Hujan Deras, Mekkah Sempat Mati Listrik

Kondisi tenda jamaah haji Indonesia di Mekkah. Istimewa

JAKARTA-RADAR BOGOR, Setelah beredarnya video yang menggambarkan suasana banjir yang melanda Mina, Arab Saudi, kini beredar kabar kalau kondisi di Mekkah mati lampu. Dikutip website Kemenag.go.id hujan deras mengguyur kawasan Mina, Makkah, Senin (12/8/2019).

Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna) memastikan kondisi di tenda jemaah haji Indonesia saat ini aman terkendali.

“Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan kepada jemaah berjalan sebagaimana biasanya,” tegas Jaetul Muchlis seperti dikutif dari website Kemenag.go.id.

Saat ini, hujan sudah mulai reda. Pergerakan jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dari tenda Mina ke tempat lontar jumrah (Jamarat) atau sebaliknya juga berjalan.

Ribuan jemaah memanfaatkan payung untuk melindungi diri saat hujan. “Dampak hujan berupa sampah di jalanan karena kantong-kantong sampah hanyut dan sekarang dalam tahap pembersihan,” tuturnya.

Menuru Muchlis, listrik yang sempat padam juga sudah diperbaiki hingga menyala kembali. “Layanan katering di dapur tetap berjalan. Petugas haji terus memantau agar distribusi makan malam untuk jemaah berjalan normal,” sambungnya.

Muchlis memastikan, petugas haji Indonesia siaga di pos masing-masing untuk membantu jemaah. “Sementara ini, jemaah haji Indonesia yang masih di Mina, diminta untuk menahan diri tidak ke jamarat. Selain cukup padat oleh jemaah dari negara lain, kondisi jalan juga masih basah dan licin,” tandasnya.

Sebelumnya kabar mengengai banjir di Mina disampaikan ulama kondang Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym. Dia membagikan video kondisi Mekkah saat ibadah Haji 1440 Hijriah.

Dalam video yang dibagikan tampak sebagian Mekkah terendam air karena hujan. Pada video yang dibagikan Senin (12/8/2019) terlihat hujan deras terjadi Mekkah.

Akibatnya sebagian wilayah di Mekkah tergenang banjir. Aa Gym menjelaskan kejadian itu terjadi di sekitaran kawasan Mina, Mekkah, Arab Saudi. “Hujan es di mekkah mina masyaaAlloh …. Semua tetesan hujan Dan es bertasbih kepada Alloh,” tulisnya di akun Instagramnya @aagym.

Diunggahan lainnya Aa Gym menjelaskan jika hujan tersebut hanya berlangsung sebentar. Namun dalam video terlihat air sudah menggenang hingga ke mata kaki jemaah.

“Inilah banjir karena hujan sebentar saja, alhamdulillah Hanya sebentar kalau lama mungkin akan lebih berat.. Alloh maha Adil Dan Maha Bijaksana,” tulisnya dalam unggahannya.(pin/trb)

Baca Juga