Beranda Politik

Keterwakilan Perempuan di DPRD Kota Bogor Meningkat

Wajah baru anggota DPRD Kota Bogor untuk priode 2019-2024. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor resmi menetapkan 50 calon anggota legislatif (caleg) terpilih Kota Bogor.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Bogor pada Pemilu 2019, di ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Bogor, Selasa (13/8/2019), jumlah keterwakilan perempuan mengalami peningkatan.

“Keterwakilan perempuan meningkat 5 persen, dari 17 persen di tahun 2014, saat ini menjadi 22 persen dengan 11 orang anggota DPRD perempuan,” ujar Ketua KPU Kota Bogor Samsudin usai rapat pleno.

http://www.radarbogor.id/2019/08/13/resmi-jadi-pemenang-pks-pimpin-dprd-kota-bogor/

Selain itu, lanjut dia, saat ini ada enam orang ketua partai politik Kota Bogor yang berhasil duduk menjadi anggota dewan.

Antara lain Ketua DPD PKS Atang Trisnanto, Ketua DPC Gerindra Sopian, Ketua DPC PDI Perjuangan Dadang Iskandar Danubrata, Ketua DPC PPP Zaenul Mutaqin, Ketua DPC Partai Demokrat Dodi Setiawan dan Ketua DPD PAN Safrudin Bima. Kemudian ada pula empat orang Sekretaris DPC maupun DPD parpol di Kota Bogor.

“Mudah-mudahan semakin memperkuat barisan parlemen di Kota Bogor, karena memang koordinasi distruktural partai dengan di parlemen akan semakin nyambung,” kata Samsudin.

Pasca penetapan tersebut, Sam-sapaan akrabnya- mengatakan bahwa proses selanjutnya adalah penyerahan seluruh berkas para calon kepada Gubernur Jawa Barat melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dalam hal ini Sekretaris DPRD (Sekwan).

Sehingga SK yang dibutuhkan sebagai syarat pelantikan bisa segera didapatkan. “Mungkin hari ini atau besok dikirim ke Bandung supaya secepatnya SK dari Gubernur turun, setelah itu turun maka menjadi dasar Sekwan untuk melakukan pelantikan yang direncanakan pada 20 Agustus,” ungkapnya.

Sam memastikan seluruh berkas yang dibutuhkan telah diserahkan para anggota terpilih. Karena itu rencana pelantikan yang akan dilaksanakan pada 20 Agustus diharapkan bisa terealisasi.

“Sudah lengkap semua, sudah 100 persen, tinggal kita kirim, termasuk tanda terima LHKPN dari KPK, dari 50 caleg semuanya sudah lengkap dan sudah menyerahkan ke kita,” pungkasnya.(gal/pkl6/pkl7)

Baca Juga