25 radar bogor

FKIP Unida Percepat Pancakarsa Melalui KKN

KKN: Ratusan mahasiswa Unida Bogor saat dilepas untuk melaksanakan KKN ke sejumlah wilayah di Bogor hingga Sukabumi beberapa waktu lalu.
KKN: Ratusan mahasiswa Unida Bogor saat dilepas untuk melaksanakan KKN ke sejumlah wilayah di Bogor hingga Sukabumi beberapa waktu lalu.

CIAWI–RADAR BOGOR,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (Unida) Bogor melepas 252 mahasiswa untuk kuliah kerja nyata (KKN). Mereka nantinya melaku­kan KKN di 22 desa dari dua kabu­paten, yaitu 18 desa terletak di K­abupaten Bogor dan empat desa terletak di Kabupaten Sukabumi.

Pelepasan dihadiri Ketua Umum YPSPIAI, R. Siti Pupu Fauziah dan juga Pimpinan FKIP Unida, Rektor, Dede Kardaya, juga Rini Kusumawati selaku  Kasubid Inovasi dan Teknologi Bappedalitbang Kabupaten Bogor.

Rektor menjelaskan, tema KKN tahun ini adalah Pember­dayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid di Era Revolusi Industri 4.0. De­ngan tema tersebut diha­rapkan program-program dari tiap kelompok mahasiswa dapat bersinergi dengan panca­karsa Kabupaten Bogor.

Program-program tersebut dilakukan guna mengem­bangkan potensi desa. Hingga dapat bermanfaat untuk kema­juan desa serta bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Program-program yang harus dilakukan oleh maha­siswa nanti diharapkan mampu sesuai dengan tema yang diusung,” katanya.

Dede menyampaikan maha­siswa sudah dibekali empat dasar sebagai bekal menjalankan KKN. Creative thinking atau berpikir kreatif, critical thinking atau berpikir kritis. Termasuk kerja sama atau kolaborasi dan kompetensi komunikasi.

Bagaimana program-program nanti bisa mengembangkan desa dan bagaimana program tersebut mampu menyampaikan teknologi 4.0 yang bermanfaat bagi perkembangan desa.

“Saya juga berharap agar ma­hasiswa menjadi suri tau­ladan nanti di lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Seperti yang disampaikan Kasi Inovasi dan Teknologi Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Rini Kusumawati, KKN ini menjadi sarana untuk ikut berperan aktif dalam mempe­rcepat 5 karsa Kabu­paten Bogor yang di antaranya Bogor membangun. Sudah jelas kalau KKN ini bersifat membangun terutama desa-desa yang bersangkutan.

KKN ini juga menjadi sarana dalam percepatan pencapaian visi Kabupaten Bogor yaitu terwujudnya Kabupaten Bogor ter­­­maju, nyaman, dan ber­keadaban.(mer/b)