25 radar bogor

CIA 2019: Cara Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Mengasah Skill Gen Z

MALANGRADAR BOGOR, Communication in Action (CIA) kembali hadir. Acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (HIMANIKA UB) bertajuk “ CIA 2019: Z for the Future Generation”. Rencana diadakan pada 3 November 2019 mendatang di Kota Malang, CIA 2019 digaungkan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya rangkaian CIA hanya ada seminar nasional dan penghargaan untuk pemenang lomba, CIA 2019 tidaklah demikian.

Rangkaian acara yang diadakan tahun ini berupa grand final untuk peserta tiga terbaik mempresentasikan karya mereka di depan dewan juri, seminar nasional yang merupakan puncak acara CIA 2019, dan penghargaan.

CIA 2019 akan mengadakan tiga jenis perlombaan yaitu CODE (Communication on Design), MAPS (Maximizing Your Public Relations Skills), dan COMPASS (Communicate Through Your Infographic Passion). Ketiga jenis perlombaan tersebut dibentuk berdasarkan tiga peminatan yang ada di Ilmu Komunikasi UB yaitu Manajemen Komunikasi, Public Relations, dan Studi Media. Pendaftaran lomba CIA 2019 akan dimulai pada 5 Agustus 2019.

CODE merupakan lomba desain membuat produk baru yang meliputi aspek filosofi logo, latar belakang, SWOT, tujuan, segmenting-targeting, SWOT output, slogan, strategi pemasaran, dan budgeting. Cabang lomba yang satu ini bertemakan “Mind Beyond Words” yang dapat diikuti oleh tiga orang untuk satu timnya.
Lomba yang kedua, MAPS, adalah lomba yang fokus dalam bida Public Relations. Peserta MAPS akan diminta untuk membuat profil perusahaan yang berisi nama dan tagline, logo, visi dan misi, corporate identity, dan desain web. Sama seperti CODE, MAPS dapat diikuti oleh tiga orang untuk satu tim.

Lomba terakhir dari CIA 2019 adalah COMPASS. COMPASS mengangkat tema “The Rise of Industry 4.0”. Untuk calon peserta yang menyukai bidang jurnalistik, COMPASS dapat menjadi ajang mencari tantangan dari CIA 2019. COMPASS dapat diikuti oleh dua orang dalam satu tim.

Sesuai dengan temanya, CIA 2019 mengajak Gen Z di seluruh universitas di Indonesia untuk bergabung dan menunjukkan karya terbaik mereka.

Tujuan utama dari CIA 2019 sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran dan memberi bekal ke pada para Gen Z akan persaingan di dunia industry ke depannya. Informasi lebih lanjut dapat dilihat Instagram @ciaub atau LINE @aje6279d. (nis)