25 radar bogor

Orang Tua Kompak Bacakan Buku Anak

KOMPAK: Orang tua saat membacakan buku kepada anaknya di TK Angkasa ATS dalam memperingati Gernas Baku, kemarin (1/8).

KEMANG–RADAR BOGOR,Untuk meningkatkan minat baca pada anak, pemerintah melakukan satu gerakan ber­­nama Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Peringatan tersebut pun dimeriahkan TK Angkasa ATS.

Kemarin (1/8), di tengah kesibu­­kan­nya, orang tua hadir ke seko­lah untuk membacakan anak-anaknya sebuah buku.
Ke­pala TK Angkasa ATS, Desy Res­wati Nuryatin mengatakan, pada abad 21 dibutuhkan anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaboratif (4C’S). Tentunya ini semua tidak dapat diwu­­judkan tanpa adaya keterlibatan semua pihak, termasuk di­ dalam­­nya adalah orang tua. ”Pemerintah pun ambil andil dalam hal ini, yaitu dengan program Gernas Baku,”ungkap Desy.

Dengan mengundang orang tua siswa, untuk mem­bacakan buku cerita kepada anak di aula, Desy mengungkapkan bahwa ke­giatan tersebut banyak man­faat yang dapat dipetik. Seperti merangsang minat baca anak dengan bahagia, menjalin sinergi dan kedekatan antara orang tua dan sekolah.

“Sekolah bisa melihat lang­­­sung dan menilai seberapa jauh kedekatan anak dengan orang tuanya, sebagai acuan bimbingan ke depannya di sekolah,” tambahnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga memfasilitasi anak dalam mendekatkan mereka dengan orang tua. Terlihat, banyak orang­ tua yang akhirnya sengaja izin bekerja, menyempatkan waktu di tengah kesibukannya untuk memenuhi kebutuhan anak. Yang mungkin biasanya jarang dilakukan.

Harapan ke depannya setelah kegiatan ini, kata dia, semua pihak bisa saling bersinergi dalam me­­ma­­syarakatkan minat baca di ling­kungan masing-masing. Hing­ga ke depan akan semakin banyak generasi pembelajar mandiri yang siap menyongsong masa depan yang lebih baik lagi.

Sema­kin banyak buku yang dibaca maka akan semakin meme­­­ngaruhi pembentukan pribadi seseorang.  Menjadi lebih berilmu dan bijak dalam melangkah dan mengambil keputusan.(mer/c)