25 radar bogor

Anggota Pramuka Diseleksi Jadi Abdimas

SELEKSI: Belasan peserta pramuka mengikuti seleksi abdimas di Taman Ekspresi Sempur, kemarin (30/7).

BOGOR–RADAR BOGOR,Sebanyak 200 lebih anggota pramuka penggalang Kota Bogor me­ngikuti Open Recruitment Pramuka Peduli yang resmi dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gera­kan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat di Taman Ekspresi Sempur, Sabtu (27/7).

Ade mengatakan, rekrutmen pramuka peduli ini disele­nggarakan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, untuk pertama kali. Dengan tujuan mencari anggota pramuka yang mempunyai kepedulian tinggi dan ketulusan hati melakukan sesuatu di Kota Bogor.

Nantinya, kata Ade, peserta yang lolos seleksi akan dibina secara terus-menerus untuk menjadi abdimas. Abdimas merupakan anggota pramuka yang memiliki ketulusan untuk berbuat di masyarakat.

”Oleh karena itu, pembinaan harus dilakukan dari awal,” terang Ade.

Ia menambahkan, pembinaan sebaiknya dilakukan dari awal. Lewat kegiatan tersebut, berha­rap dapat mewujudkan salah satu isi dasa darma, yakni suci pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Kota Bogor, lanjutnya, ber­mim­pi untuk menjadi kota yang ramah keluarga, sehat, cerdas, dan sejahtera. Pramuka jauh bisa lebih hebat hadir untuk kepentingan itu. Pramuka dituntut juga untuk berbuat, akan lebih bagus ketika disiner­gikan dengan program-program pemerintah.

Untuk itu, Ade menambahi, diperlukan anggota-anggota yang mempunyai kepedulian tinggi dan memiliki ketulusan. Hal itu bisa diperoleh melalui seleksi yang dilakukan.

Terkait proses seleksi, pra­muka juga harus bicara objek­tif. Hal ini nanti akan diperta­nyakan di masyarakat. Tes yang harus diikuti di anta­ra­nya, tes fisik, wawancara, dan keahlian yang dimiliki masing-masing peserta.(mer/c)