Beranda Bogor Raya

Sah! DOB Bogor Timur Disetujui, Siap Dibawa ke Provinsi

Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan foto bersama warga usai rapat paripurna DOB Bogor timur, kemarin. Hendi/Radar Bogor

CIBINONG – RADAR BOGOR, Ratusan masyarakat Kabupaten Bogor bagian Timur padati Ruang Paripurna Gedung DPRD, Senin (22/7/2019).

Mereka ikut menyaksikan persetujuan antara eksekutif dan legislatif dalam rencana pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Bogor Timur (Botim).

Dalam sidang paripurna, ada beberapa poin yang disepakati kedua lembaga di bumi tegar beriman itu. Termasuk soal alasan mengapa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ingin memekarkan bagian timur.

“Ketika saya masih di dewan. Dan kami janji akan memproses karena Kabupaten Bogor ini kan cukup luas. Saya fikir cukup wajar ketika dipisahkan,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin.

Selain karena luas wilayah tersebut, sambung Ade, jumlah penduduk yang banyak serta rentang kendali yang terlalu besar menjadi salah satu kendala efektifitas penyelenggaraan pemerintahan selama ini.

Dengan begitu, Ade mengatakan, Pemkab ingin memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan pada masyarakat.

DOB Bogor Timur ini dengan sendirinya juga mewujudkan kemandirian penyelenggaraan pemerintah daerah. Apalagi untuk mendorong kemajuan pembangunan seluruh bidang di wilayah persiapan Kabupaten Bogor Timur.

Ade berharap, agar seluruh pemangku kepentingan bisa fokus dalam memperhatikan visi dan misi yang hendak dicapai. Terutama tentang tujuan, sasaran serta strategi dan arah kebijakan yang akan dilaksanakan dan masukan seluruh stakeholder

“Tugas kita kan sudah selesai dengan dewan, sudah menyetujui. Kita nanti serahkan kepada provinsi, lalu pusat,” pungkasnya.

Dilokasi yang sama, Ketua Presidium Bogor Timur, Alhafiz Rana menambahkan, setelah ini pihaknya juga akan mengawal proses pembahasan yang dilakukan di tingkat provinsi.

Setelah pembahasan di DPRD Jawa Barat dan Gubernur selesai, presidium juga akan mengawal ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR tingkat pusat.

“Persyaratan pemekaran Bogor Timur ini bisa dicek, kita paling lengkap. Ini semua sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) yang sekarang,” kata Hafiz.

Diluar itu, ekspetasi masyarakat Bogor Timur akan pemekaran juga begitu tinggi. Terlihat dari perwakilan 75 desa yang hadir dalam paripurna kemarin. (dka/pkl4/pkl5/c)

Baca Juga