25 radar bogor

SIMAK UI 2019 Diikuti 53.712 Peserta

Dua mahasiswi UI tengah berfoto bersama. (instagram/univ_indonesia)

DEPOK-RADAR BOGOR,Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk semua jenjang dan program pendidikan kembali digelar serentak di 20 kota di Indonesia, Minggu (21/7), pukul 07.00-15.00 wib. SIMAK UI 2019 diikuti 53.712 peserta ujian mulai dari program pendidikan D3 hingga S3.

Program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2019 bagi lulusan SMA/Sederajat adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana (S1) Reguler, 35 program studi Sarjana (S1) Paralel, dan 16 program studi Sarjana (S1) Kelas Internasional. Sebelumnya, pada Minggu (14/7) telah dilaksanakan Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional di Kampus UI Kota Depok.

“Pada program pendidikan Vokasi, Prodi Komunikasi menjadi program studi yang paling banyak dipilih, yaitu 1.815 pendaftar,” ungkap Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti kepada Radar Depok (Radar Bogor Group), Minggu (21/07/2019).

Selain itu, pada Program S1 Reguler, Prodi Ilmu Hukum dipilih oleh 6.302 pendaftar dan menjadi prodi terbanyak dipilih. Pada S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat 3.442 peserta.

Sedangkan pada program Magister (S2), program studi yang paling diminati adalah Magister Manajemen.

Rifelly menegaskan, sebagai upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, SIMAK UI dilaksanakan serentak di sejumlah kota di Indonesia.

“Siswa atau siapa pun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di kota terdekat, tanpa harus datang ke kampus UI Kota Depok,” tutur Rifelly.

Diketahui, pelaksanaan ujian SIMAK UI 2019 digelar di sekolah dan universitas yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. Yakni Kota Depok, DKI Jakarta (lima wilayah kota), Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

Ujian SIMAK UI tahun ini merupakan yang kesebelas sejak pertama kali digelar pada 2009. Sementara hasil ujian SIMAK UI untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi bakal diumumkan secara online.

“S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi hasilnya diumumkan 31 Juli, sedangkan Pascasarjana dan S1 Kelas Internasional pada 5 Agustus,” ucap Rifelly.

Senada, Media Relations UI, Egia Etha Tarigan menambahkan, SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

“Melalui SIMAK UI, calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi, dengan sekali pendaftaran dan ujian,” paparnya.

Sementara materi ujian seleksi pun berbeda-beda, di antaranya pada jenjang Diploma Tiga dan Sarjana adalah Menulis Esai (mengukur motivasi dan kemampuan softskill) dan Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

Untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS). Sedangkan materi seleksi SIMAK UI Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

“Adapun materi seleksi program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik/PEKA, umum dikenal sebagai TPA, dan Bahasa Inggris,” tutup dia.

(gun/radardepok)