25 radar bogor

Gara-gara Cas HP, Satu Rumah di Sukabumi Ludes Terbakar

satu rumah semi permanen di Kampung Sela Awi, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Senin (22/7/2019).

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Ini peringatan bagi masyarakat yang sering teledor membiarkan handphone (HP) dicas terlalu lama. Sebab, ini bisa membahayakan.

Seperti kebakaran yang melanda satu rumah semi permanen di Kampung Sela Awi, Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Senin (22/7/2019). Rumah ini hangus terbakar diduga karena casan Hp tak dicabut.

Kasi Damkar pada BPBD Kota Sukabumi Hendar Iskandarsyah mengatakan, peristiwa tersebut terjadi diperkirakan pada pukul 04.45 WIB. “Saat itu kejadiannya pas orang mau salat subuh,” kata Hendar kepada Radarsukabumi.com, Senin (22/7/2019).

Adapun pemilik rumah tersebut bernama Ai Yuhana (50). Di rumah seluas 110 meter persegi yang kini sudah menjadi puing-puing itu dihuni tiga orang.

“Kronologi kejadian berdasarkan info penghuni rumah, percikan api berasal dari pinggir atas sisi rumah. Tapi belum diketahui penyebab timbulnya api. Yang pasti rumah beserta perabotannya hangus terbakar,” ujar Hendar seperti dikutif dari Radar Sukabumi.

Meski terjadi saat subuh hari, namun kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta.

Sementara itu, salah seorang tetangga korban, Solihin (46) mengatakan, saat ini korban mengungsi ke rumah tetangga. Menurut informasi yang dia ketahui, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik.

“Katanya dari casan handphone (HP). Gak dicabut semalaman, terus ada percikan api. Karena rumahnya dari bilik, makanya cepat terbakar,” ungkap Solihin.

Sebagai tetangga, Solihin cukup mengenal baik sosok korban. Menurut dia, Ai Yuhana adalah warga yang sangat aktif di masyarakat dan sering membantu. “Orangnya baik, dia kader di sini, sering bantuin orang. Ya sedihlah mengetahui peristiwa ini terjadi,” tandasnya.(izo/rs)