Beranda Metropolis

One day Service, Disdukcapil Kota Bogor Percepat Proses Pelayanan

Suasana di Kantor Disdukcapil Kota Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR,Dinas Kepen­dudu­kan dan Catatan Sipil (Disduk­capil) Kota Bogor kembali mem­percepat proses pelaya­nan pembuatan kartu keluarga (KK), mela­lui pelayanan ’’One day Service”.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko menjelaskan, pelayanan yang sudah bergulir pada dua akhir pekan lalu itu, merupakan salah satu program inovasi yang sedang digen­carkan pihaknya.

Sebagai lang­kah awal, kata dia, saat ini jajarannya sedang mengo­ptimalkan sistem pelayanan pembuatan KK, yang dirasa sangat bermanfaat untuk warga.

Pasalnya, sambung dia, sebelum dibentuknya program pelayanan one day service tersebut, warga yang mengurus pem­buatan KK harus rela menunggu beberapa hari untuk mendapatkan yang merupakan kartu identitas keluarga itu.

’’Kini masyarakat Kota Bogor tidak harus menunggu lama, karena perlahan kami sudah optimalkan pelayananya. Insyaallah satu jam juga selesai di setiap kecamatan. Jadi tidak usah bolak-balik, bisa langsung tuntas hari itu juga,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Mantan Camat Bogor Selatan itu menambahkan, hal itu dilakukannya sebagai bentuk memenuhi tantangan dan tuntutan zaman, yang harus memberikan pelayanan yang secepat-cepatnya. Selain itu, lanjut dia, salah satu catatatan pentingnya ialah untuk meng­hindari adanya percaloan yang rentan terjadi pada proses pelayanan berlangsung.

Khusus di Disdukcapil, tam­bah dia, karena tugas Disduk­capil adalah memberikan pelaya­nan dalam hal adminis­trasi kependu­dukan dan catatan sipil. Secara menyeluruh pihak­nya mengu­payakan semua pela­ya­nanan akan terus dipercepat.

Lebih dalam, Ia mengaku bahwa sistem pelayanan cepat tersebut akan dilakukan juga pada proses pelayanan yang biasanya membutuhkan waktu lama, semisal pembuatan KTP, KIA dan lainnya.

’’Sementara baru KK, nanti semua akan begitu, termasuk akta kelahiran juga akan begitu. Semua nanti pro­duk ini akan kita landaskan. Sebentar lagi kan akan diterap­kan di Mal Pelayanan Publik, kita akan desain sede­mikian rupa sehi­ngga pelayanan akan sangat cepat, kalau bisa one day ser­vice untuk seluruh pela­ya­­nan,” tukasnya.(cr2/pkl2/c)

Baca Juga