Beranda Berita Utama

Calhaj Asal Cariu Bogor Meninggal di Madinah, Kekurangan Kalium

Ilustrasi Jemaah haji

MADINAH– RADAR BOGOR, Kabar duka datang dari Madinah Arab Saudi. Jemaah calon haji (calhaj) asal Bogor, Ahmad Suparman bin Jubed meninggal dunia, Rabu (17/7/2019).

Pria berusia 53 tahun itu meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit Madinah.

Menurut sertifikat kematian yang dikeluarkan Misi Medis Indonesia, Ahmad merupakan Warga Kampung Babakan raden, RT 01/01, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.

Dia terbang melalui embarkasi Jakarta (JKS) 01 yang tiba di Madinah pada Minggu (7/7/2019).

Dia dinayatakan meninggal dunia di Rumah Sakit King Fahd, Madinah, pada pukul 04:30 waktu setempat.

Seperti jemaah yang telah wafat sebelumnya, Ahmad telah diurus jenazahnya dan dimakamkan di pekuburan Baqi dekat Masjid Nabawi.

Dalam sertifikat kematian disebutkan Ahmad meninggal dunia akibat kardiomiopati atau kelainan pada otot jantung dan hipokalemia, kekurangan kalium.

Ahmad adalah jamaah haji ketujuh yang wafat di tanah suci pada masa operasional haji yang telah berlangsung selama 12 hari. Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bogor, Syamsudin, membenarkan hal tersebut. Sesuai laporan yang diterimanya, jamaah haji tersebut sudah sakit sejak berangkat dari Indonesia.

“Ketika turun dari pesawat sudah drop dan sempat dirawat di Madinnah dan meninggal,” kata dia.

Ahmad diketahui berangkat haji bersama sang istri dan saat ini jenazahnya sudah diurus di Madinah.

Sementara itu,dokter di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Itah Sri Utami, mengatakan, Ahmad mengalami hipokalemia atau kondisi kurangnya kalium dalam sel yang mengakibatkan terganggunya kerja jantung.

Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lemah dan metabolisme tubuh terganggu.

“Irama jantung jadi tidak teratur dan akhirnya terjadi henti jantung,” katanya. “Keadaan yang dialaminya juga diperberat dengan adanya sepsis, infeksi yang menyeluruh pada aliran darah,” tambah Itah.

Sebagai informasi berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama hingga Kamis sudah 77.043 jamaah dari 190 kloter tiba di Madinah.

Di kota Madinah, jamaah akan menjalani ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Setelah itu, mereka akan digeser secara bergantian ke Makkah untuk menjalani prosesi umrah dan haji.

Sebanyak 31 kloter berisikan 12.973 jamaah dan petugas haji saat ini telah berada di Makkah. (cr2/c/rez/py)

Baca Juga