25 radar bogor

Macet Parah Akhir Pekan, Kecamatan Dorong Pelebaran Jalan Tamansari

Salah satu jalan di Tamansari yang kerap dipadati kendaraan saat akhir pekan.
Salah satu jalan di Tamansari yang kerap dipadati kendaraan saat akhir pekan.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Tamansari terus mendorong agar pemerintah dapat merealisasikan pelebaran jalan.

Hal itu perlu dilakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan utama di Tamansari ketika akhir pekan dan momen libur panjang.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tamansari, Sobar Mansoer menjelaskan, saat ini usulan untuk pelebaran jalan utama sudah masuk musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrembang) tahun ini.

Mengingat sejumlah tempat wisata semakin banyak bermunculan di Tamansari, sehingga seharusnya diikuti peningkatan infrastruktur yakni pelebaran jalan.

“Jika Tamansari ingin dijadikan destinasi wisata pertimbanganya jalan disiapkan. Tentu membuka karpet merah bagi investor,” ujarnya.

Saat ini sejumlah wisatawan yang mengendarai roda empat dan bus juga semakin banyak, khususnya saat akhir pekan.

“Sabtu minggi sudah macet, motor saja juga padat. Kita paham dengan keterbatasan anggaran, tetapi kita juga tak memitna harus selesai dalam satu tahun, semisal estimasi saja tiga tahun bertahap,” Sobar mengatakan.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga tengah membuka akses baru yakni Bojonggede Sukaraja, Bojonggede Kemang, sehingga dengan keterbatasan anggaran dan prioritas pembangunan, ia memaklumi jika wilayahnya belum dijadikan prioritas pembangunan.

“Sebaiknya diusulkan jalan ini statusnya dialihkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Jadi pelebaran dilakukan mulai dari Pancasan, Kota Bogor hingga ke Tamansari, Leuwilang, Tenjolaya, Pamijahan hingga Cibungbulang.

“Karena jalur alternatif. Jika macet di Dramaga bisa gunakan jalur ini. Bicaranya harus bareng-bareng, libatkan Pemprov Jawa Barat,” tutur mantan Sekcam Dramaga itu.

Pria yang mengenakan kacamata tersebut menyebutkan, objek wisata di Tamansari terus berkembang, baik Curug, Pura Parahyangan Agung, Kampung Tamansari Salaka, Bumi Perkemahan Sukamantri dan Bumi perkemahan Kalimati.

“Kita juga sedang merevitalisasi Setu Tamansari, informasinya salah satu hotel berbintang juga bakal membangun di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin bakal menerima usulan dari Pemcam Tamansari tersebut. Meski demikian ia bakal memastikan apakah usulan tersebut sudah masuk dalam program Pemkab Bogor.(ded)