25 radar bogor

Komandan Lanud ATS Resmi Berganti, Kini Dipimpin Kolonel Pnb Eding Sungkana

Lepas sambut Danlanud Atang Sandjaja dari Marsma TNI Erwin Buana Utama (kiri), ke Kolonel Pnb Eding Sungkana, di Gedung Harmony Yasmin Bogor, kemarin malam (17/7).

BOGOR–RADAR BOGOR, Pimpinan Lanud Atang Sendjaja (ATS) Bogor resmi berganti. Danlanud ATS Bogor sebelumnya, Marsma TNI Erwin Buana Utama digantikan Kolonel Pnb Eding Sungkana.

Proses pisah sambut berlangsung di Yasmin Hall, Jalan Abdullah bin Nuh, Rabu (17/7/2019) malam.

Danlanud ATS yang baru, Kol. Pnb Eding Sungkana mengatakan, sebagai prajurit, dirinya siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab atas jabatan baru yang di emban.

Eding menegaskan siap melanjutkan kebijakan komandan lama.”Terutama untuk pembinaan kemampuan tempur helikopter TNI – AU,” terang Kol Pnb Ending kepada Radar Bogor, disela pisah sambut.

Terkait dengan ATS menjadi bandara komersil, Ending menerangkan akan mengikuti dan melaksankan sesuai keputusan dan arahan pimpinan.

Kata dia, rencana tersebut tentu bukan rencana dengan proses yang sebentar. “Prosesnya panjang. Kita pasti mendukung apapun keputusan pimpinan,” ucapnya singkat.

Sementara itu, Danlanud lama, Marsama TNI Erwin Buana Utama menyampaikan alih tugas dan alih jabatan di lingkungan TNI, khususnya Angkatan Udara (AU), merupakan hal wajar dalam dinamika organisasi.

Hal ini menjadi indikator bergulirnya suatu proses pembinaan personel dalam rangka memelihara dan meningkatkan aktualisasi peran organisasi.

Sekalipun mekanisme yang mengatur pergantian pejabat sudah diatur secara jelas, namun tiap pergantian pejabat, harus dimaknai sebagai peristiwa penting. Diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas satuan.

Menurut dia, tantangan tugas yang dihadapi kedepan akan semakin dinamis dan kompleks. TNI AU harus mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis yang begitu cepat berubah. 

Karenanya,  keberadaan pangkalan TNI AU menjadi sangat penting dan strategis, khususnya pangkalan udara yang memiliki skadron udara beserta alutsista yang diawaki.

Kedudukan Lanud ATS Bogor  memiliki nilai yang strategis, di samping letaknya yang dekat dengan obyek vital ibukota negara dan presiden RI saat ini lebih banyak bertempat tinggal di Bogor, pangkalan udara ATS  juga merupakan salah satu pangkalan induk pesawat helikopter TNI AU. (mer/c)