Beranda Pendidikan

MPLS di Kota Bogor Diisi dengan Pendidikan Karakter

SISWA BARU: Sejumlah peserta didik baru SMAN 1 Kota Bogor saat mengikuti kegiatan MPLS, kemarin (15/7). Nelvi/RadarBogor 

BOGOR–RADAR BOGOR,Aktivitas sekolah untuk tahun ajaran 2019/2020 kembali dimulai, Senin (15/7) kemarin. Mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta.

Dari pantauan Radar Bogor, di beberapa sekolah, baik SMP maupun SMA Kota Bogor terli­hat lancar. Siswa baru ter­­­­lihat ber­se­mangat dan se­nang men­yam­­b­ut hari pertama sekolah ini.

Kegiatan dengan tajuk masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini berlangsung bebera­pa hari ke depan. Berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan. Dipastikan tidak ada kegiatan yang sifatnya per­peloncoan.

Bahkan dalam materi yang disampaikan pada siswa ada materi karakter. Kadisdik Kota Bogor, Fahruddin menjelaskan, materi yang akan disampaikan tentang karakter. “Materi ka­rak­ter disampaikan lang­sung oleh KPK,” terang Fahruddin di sela kunjungan ke SMAN 1 Bogor.

Selain materi karakter juga ada materi lain yang disam­paikan yang berkompeten di bidan­gnya. Di antaranya, dari kepolisian. Pelaksanaan MPLS akan terus dilakukan penga­wasan agar berlangsung lancar dan bisa mencapai tujuan yang sudah diren­canakan.

Pria yang akrab disapa dengan Fahmi ini juga me­nambahkan, di hari pertama sekolah mene­rima siswa sesuai dengan jum­lah yang sudah ditetapkan, teru­tama untuk sekolah negeri. Seda­ngkan swasta bervariasi.

Dibandingkan tahun lalu, hampir semua sekolah sudah ada perbaikan dan penam­­bahan fasilitas sekolah. Baik itu ruang belajar maupun fa­silitas pendukung lainnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berpesan kepada siswa siswi agar menghargai waktu. Waktu merupakan sesuatu yang berharga dan tidak bisa diulang

“Waktu itu mahal waktu berja­lan dengan sangat cepat berlalu. Harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” terang Bima Arya saat menjadi pembina upacara MPLS di SMAN 1 Kota Bogor.

Dalam kesempatan itu, Bima menceritakan pengalamannya ketika duduk satu bangku dengan rekannya yang tidak memiliki nilai tinggi. Hidup adalah belajar sepanjang masa belajar untuk menjadi orang yang lebih berkarakter.

Prestasi harus dikejar dan diusahakan. Angka akademik bukan segalanya. Tapi harus siap kompetensi dan memiliki karakter yang kukuh, jujur dan berani, serta mempunyai prinsip.(mer/b)

Baca Juga