25 radar bogor

Kembangkan Sport Tourism, Bupati Ade Yasin Gandeng Wishnutama

Wisatawan tengah menjajal olahraga paralayang di kawasan Puncak Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor semakin serius mengembangkan wisata olahraga ( sport tourism) sebagai salah satu daya tarik menjaring wisatawan.

Teranyar, Bupati Bogor, Ade Yasin menggandeng Whisnutama Kusubandio untuk menghelat 40 event pariwisata di sepanjang 2020.

Ade menjelaskan, kerjasama ini bakal diwujudkan dalam 40 event parawisata di tahun mendatang, kegiatan ini untuk menguakan Kabupaten Bogor sebagai The City Of Sport And Tourismd.

“Saya meminta satu dari 40 event agar Kabupaten Bogor bisa go Internasional,” ujar Ade dalam Halal Bihalal PHRI Kabupaten Bogor di Hotel Green Peak, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, event parawisata yang digencarkan tak hanya wisata olahraga tetapi juga wisata alam, budaya dan sejarah.Apalagi dengan potensi Sirkuit Sentul, 11 lapangan golf, Komplek Olahraga Pakansari Cibonong, venue olahraga paralayang, arung jeram, dayung, offroad maupun motor cross tentunya menambah nilai tambah suatu daerah.

Selain itu, kata dia, Kabupaten Bogor memiliki keindahan alam dan yang dapat menarik minat investor apalagi dalam waktu dekat Kabupaten Bogor juga akan punya Kebun Raya Cibinong yang luasnya lebih luas dari Kebun Raya Bogor.

Diharapkan dengan gencarnya pemerintah dapat meningkatkan jumlah wisatawan hingga menyentuh angka 10 juta jiwa pada tahun 2020 mendatang.

Untuk menyiapkan 40 event parawisata skala nasional dan internasional tersebut, Pemkab Bogor bakal membenahi insfrastuktur jalan, jembatan dan lainnya.

“Kami akan menganggarkan Rp 1 milyar untuk menyiapkan infrastruktur. Dampaknya peningkatan taraf ekonomi masyarakat juga,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinad Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Bangbang Padmanegara menjelaskan, kedepan itu bakal ada beberapa even seperti festival Halimun, Pesta Kemerdekaan, Bogor Fest hingga Sport Dirgantara.(ded)