25 radar bogor

CHAT ME, Inovasi Terbaru RSUD Ciawi

BOGOR-RADAR BOGOR, Pada hari sabtu tanggal 06 juli 2019, RSUD Ciawi mensosialisasikan inovasi terbarunya yaitu CHAT ME (Ciawi Heart and Trauma Medical Emergency) kepada komunitas sepeda yang diwadahia PPBR (Paguyuban Pesepeda Bogor Raya).

CHAT ME adalah layanan gawat darurat berbasis pariwisata, dimana Call Center/ SMS Gateway dengan nomor 08111104084 disediakan khusus untuk komunitas olahraga wisata (soft sport) dan wisatawan yang secara tiba – tiba mungkin saja mengalami keadaan gawat darurat yang mebutuhkan penanganan medis.

Inovasi ini lahir sebagai wujud dukungan sektor kesehatan dalam mendukung Kabupaten Bogor menjadi The City of Sport and Tourism sesuai dengan program yang telah dicanangkan oleh Bupati Bogor.

Direktur RSUD Ciawi, drg. Hesti Iswandari, M.Kes dalam pembukaan acara tersebut menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam hal ini komunitas olahraga sepeda untuk mengenali tanda-tanda bahaya adanya kejadian gawat darurat yang dapat dialami saat berolahraga.

RSUD Ciawi dengan CHAT ME nya membantu memberikan edukasi kepada masyarakat agar msasyarakat dapat menjadi first responder/ penolong pertama dalam kejadian gawat darurat.

Call Center / SMS Gateway yang digagas ini, diharapkan dapat menjadi pilihan Call For Help / panggilan darurat medis selain 119 yang merupakan nomor panggilan gawat darurat nasional.

Call center ini yang dimiliki RSUD Ciawi juga terintegrasi dengan sistem kegawatdaruratan nasional maupun daerah sehingga diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan gawat darurat.

Ketua PPBR Bapak Suyono Abet menyampaikan bahwa PPBR menyambut baik program inovasi ini dan komunitas sepeda siap mendukung seluruh kegiatan RSUD Ciawi dan akan menyebarluaskan informasi ini.

Beliau juga menghimbau agar anggotanya tidak lupa mendukung program pemerintah yaitu BPJS agar seluruh anggota dapat memiliki jaminan keamanan kesehatan.

Dr. Yukie Meistisia, MH.Kes, kepala bidang medik RSUD Ciawi menyampaikan bahwa CHAT ME ini lahir sebagai wujud peran serta RSUD Ciawi dalam mewujudkan sistem kegawatdaruratan terpadu dimana edukasi bantuan hidup dasar dan Call Center/ SMS Gateway CHAT ME untuk Call For Help dalah bagian dari pelayanan pra rumah sakit yang sangat penting dalam rangkaian pelayanan gawat darurat selain layanan IGD di rumah sakit.

Pada acara ini, dr. Helen Yudi, Sp.An sebagai narasumber menjelaskan materi tentang apa yang harus dilakukan apabila terjadi korban pingsan beliau menjelaskan pentingnya masyarakat untuk mempu melakukan bantuan hidup dasar apabila diperlukan untuk menolong korban yang tidak sadarkan diri.

Dalam beberapa literature diluar negeri bantun hidup dasar yang dilaukan oleh msyarkat awam yang terlatih di 35 menit pertama dapat mencegah kematian.

RSUD Ciawi juga memliki tim medis dan paramedis gawat darurat terlatih yang dapat membantu masyarakat dalam event olahraga, gathering, dan kegiatan lainnya sehingga masyarakat yang berolahraga dan berwisata di Kabupaten Bogor dan Sekitarnya dapat merasakan keamanan.

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi para wisatawan yang berolahraga di wilayah Kabupaten bogor dan sekitarnya, serta masyarakat umum sekitar wilayah RSUD Ciawi. (*)