25 radar bogor

Polisi Minta Bantuan untuk Ungkap Kasus Noven, Ternyata Ini Jawaban FBI

ilustrasi FBI. (cfr.org)

BOGOR–RADAR BOGOR,Polisi hingga saat ini masih kesulitan mengungkap kasus pembunuhan siswi SMK Baranangsiang, Andriana Yubelia Noven Cahya.

Enam bulan berjalan, sejak pembunuhan sadis di Gang Kompleks Jalan Riau RT 01/03, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur itu, sang pembunuh masih misterius dan berkeliaran meski kasus tersebut telah dibantu oleh badan investigasi utama dari Departemen Keadilan Amerika Serikat, FBI.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Agah Sonjaya mengatakan, bantuan yang dimaksud kepada FBI sebetulnya bersifat koordinatif.

Pihaknya bertanya barangkali FBI memiliki alat yang lebih canggih.

Ternyata, jawaban yang didapat bahwa tergantung resolusi kamera yang ada dari hasil rekaman CCTV.

“Kalau resolusinya rendah, tetap akan kesulitan, harus diluruskan, bukan berarti Puslabfor atau FBI itu tidak mampu, bukan. Tergantung kepada resolusinya juga,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (10/7).

Secara teori, Agah mengaku kurang memahami resolusi pada gambar pelaku yang terekam CCTV.

Sempat berkoordinasi juga dengan orang-orang sipil yang memahaminya, ada pening­katan kejelasan. Namun hanya sedikit.

“Sudah kita coba mela­lui Puslabfor, mulai kita coba ada orang-orang sipil yang paham, ada peningkatan kejela­san, tapi sedikit,” tuturnya.

Agah belum bisa memastikan kapan pelaku bisa terungkap. Namun yang pasti, pihaknya hingga saat ini tidak berhenti berupaya.

“Yang penting ikhtiar upaya dan berdoa, kalau ditanya kapan, agak susah saya menjawab,” ungkapnya.

Hingga tujuh bulan berjalan, Agah menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap ratusan orang. Namun, hanya 38 orang yang dijadikan saksi dan dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP).