Beranda Metropolis

Pemkot Bogor Minta Sebagian Wilayah Kabupaten, Wawalkot Ungkap Alasannya

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemprov Jabar diminta untuk membantu rencana perluasan wilayah Kota Bogor. Hal tersebut diungkapkan wakil wali kota Bogor, Dedie A Rachim.

Dedie menyampaikan permintaan itu saat bertemu Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) triwulan III bersama 27 kepala daerah se-Jabar, di Prima Sankanhurip Resort, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019).

Dedie mengatakan, saat ini Kota Bogor hanya memilik enam kecamatan dengan populasi penduduk 1,1 juta jiwa. Kondisi itu dinilai kurang ideal untuk mengembangkan sumber daya dari berbagai sektor.

“Luasan Kota Bogor kurang memadai secara politis dan geografis. Kalau perluasan bisa dilakukan, dampaknya ke PAD. Sekarang Rp 1,5 triliun, dengan perluasan bisa Rp 2 triliun. Bantuan dari pemerintah provinsi atau pusat juga bisa nambah,” kata Dedie seperti dikutip dari kompas.com.

Karena itu, ia berencana untuk mengambil sejumlah daerah dari Kabupaten Bogor yang saat ini memiliki 40 kecamatan.

Menurut dia, dengan pengembangan wilayah, bisa meringankan beban Kabupaten Bogor dan pembangunan bisa dirasakan secara merata.

“Kota Bogor harusnya 12 kecamatan. Kita ingin ambil Tamansari, Darmaga, Ciomas, kemudian Ciawi, Gadok, Cibanon,” ujarnya.

Selain itu, karena Presiden Jokowi tinggal di Istana Bogor, menurut Dedie secara de facto Kota Bogor merupakan ibukota dan banyaknya program infrstruktur yang sulit terealisasi karena batas wilayah. (komp/ysp)

Baca Juga