Beranda Metropolis

Upacara HUT Bhayangkara di Kota Bogor Tanpa Lagu Indonesia Raya

Suasana upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Taman Heulang Kota Bogor, Rabu (10/7/2019).

BOGOR – RADAR BOGOR, Insiden lupa lirik atau salah lagu Indonesia Raya kerap beberapa kali terjadi dalam beberapa kesempatan.

Namun apa jadinya jika lagu kebangsaan ini tidak dinyanyikan dalam suatu upacara besar.

Seperti yang terjadi dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Taman Heulang, Kota Bogor, Rabu (10/7).

Kegiatan yang digagas Polresta Bogor Kota itu minus lagu Indonesia Raya. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat yang didapuk menjadi inspektur upacara juga baru menyadarinya setelah upacara selesai.

“Iya tidak ada lagu Indonesia Raya. Begitu juga pemeriksaan pasukan,” bebernya saat dikonfirmasi Radar Bogor.

Jika melihat rundown acara HUT Bhayangkara yang mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat Bangsa dan Negara”, menyanyikan lagu Indonesia Raya sama sekali tidak ada di daftar acara.

Dari rundown tersebut hanya berisi pembukaan dilakukan oleh MC, kemudian pembacaan doa, penayangan video 73 tahun Polri mengabdi, sambutan Kapolresta Bogor Kota, sambutan wali kota, pemberian penghargaan, pemotongan tumpeng dari Kapolresta, hiburan lalu penutup.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polresta Bogor Kota, AKP Silfia Tanjung menyampaikan, ada 650 orang yang mengikuti upacara.

Terdiri dari Muspida Kota Bogor, Komandan Resimen 2 pelopor Brimob Polri, Dan Group C Paspampres, Dan Pusdikzi, Dan Denpom III/I Siliwangi, Danyon 315, Danyon 14 Kopasus, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan instansi terkait di wilayah Kota Bogor.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan kegiatan syukuran HUT Bhayangkara berupa penayangan video selayang pandang kegiatan Polresta Bogor Kota dan pemotongan tumpeng yang diberikan oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Hendri Fiuser kepada Dandim 0606 Kota Bogor Letkol. CZI Aji Sujiwo sebagai bentuk sinergitas Polri dengan TNI.

Terkait tidak adanya lagu Indonesia Raya dalam ketika upacara, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser mengungkapkan bahwa memang tidak semua tata upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Salah satunya upacara HUT Bhayangkara.

“Setahu saya memang begitu tata upacara benderanya, tidak semua upacara di tata upacara pakai lagu Indonesia Raya,” singkatnya. (gal/*)

Baca Juga