25 radar bogor

Guru Honorer Desak Bupati Ade Yasin, Minta Tambah Kuota CPNS

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Persatuan Guru Honor (PGH) Kabupaten Bogor mendesak Bupati Bogor Ade Yasin menambah kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi guru honor.

Saat ini total PGH di Kabupaten Bogor ada 12 ribu sedangkan yang sudah masuk ke kategori 2 (K2) sebanyak 2 ribu dan yang meningkat status ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ada 1.200 orang tinggal ada 800 dari pengajuan k2.

“Saya menaruh harapan besar kepada bupati baru agar mendorong kepada presiden untuk menambah kuota CPNS bagi guru honor dari 2 ribu menjadi 5 ribu,” kata Ketua PGH Kabupaten Bogor, Halim Sahabudin usai menggelar kegiatan halal bihalal di rumah makan Sekar Wangi, kemarin.

Bukan hanya penambahan kuota tapi harus lebih ditingkatkan lagi guru honor pun tingkat SD, SMP dan SMA. Karena, sejauh ini kondisinya hanya pada pengabdian namun kesejahteraannya terabaikan.

“Untuk pemberian gaji saja ada yang Rp 600, Rp300 ribu bahkan Rp 200 ribu setiap bulan untuk tingkat SD dan SMP. Bagiamana peningkatan mutu pendidikan lebih baik sedangkan gaji saja tak mencukupi,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, menjadi seorang guru harus cerdas dalam hal penghargaan maupun keahlian lain diberbagai bidang.

“Selama ini untuk mendapatkan gaji saja harus menunggu tiga bulan, itupun hanya mengandalkan dana BOS,” cetusnya.

Sementara itu, pengurus PGH Ruhiyat Sujana mendesak Pemkab dalam hal ini Bupati terpilih untuk melakukan terobosan terkait kesejahteraan guru honorer.

“Kita berharap Bupati baru dan Kadisdik yang nanti terpilih nanti mampu mendongkrak terkait pendapatan penganggaran guru honorer melalui APBD maupun CSR,” pungkasnya. (nal/c)