Beranda Metropolis

Pier Head Tol BORR Ambruk, Kontraktror Siap Terima Hasil Evaluasi

Tiang Penyangga Tol BORR di Kayumanis Ambruk

BOGOR–RADAR BOGOR,Kasus ambruknya salah satu tiang penyangga atau pier head Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA di Jalan Sholeh Iskandar, menjadi pelajaran bagi pelaksana proyek.

Direktur Operasional II PT PP, Muhamad Toha Fauzi selaku kontraktor Tol BORR Seksi IIIA mengaku bahwa siap menerima hasil evaluasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) usai ambruknya cor konstruksi tiang penyangga Tol BORR.

Kadishub Ungkap Rekayasa Lalu Lintas dari Yasmin-Parung, Simak Videonya!

PT PP kata dia, akan terbuka kepada tim investigasi perihal kronologi maupun data terkait peristiwa tersebut. Namun, ia meyakini konstruksi yang dikerjakan sebelumnya sudah diperiksa dan aman.

“Kalau kita lihat dari data yang diterima, kita pelajari sebetulnya kontruksi ini sudah aman. Namun, kita masih menunggu dari komite silakan dicek kita terbuka, semuanya sudah sesuai SOP yang disepakati bersama,” jelasnya.

Selain itu, Toha mengatakan bawha akan berusaha tetap menyelesaikan proyek Tol BORR sesuai target yang berikan yakni pada akhir Desember 2019 mendatang.

“Saya usahakan tidak menganggu target awal proyek (Desember 2019). Misalnya nanti berhenti tiga hari, kita akan rubah metode kita atau menambah equipment agar kembali ke target awal,” katanya.

Peristiwa kali ini, mendapat tanggapan Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi).

Menurut Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Gapensi, Andi Rukman, ada kesan terburu-buru dalam pengerjaan proyek jalan tol yang menghubungkan Simpang Yasmin hingga Simpang Semplak tersebut, sehingga mengalami kecelakaan konstruksi.

“Ada kelalaian di sini. Seharusnya selain mengejar target harus tetap mengedepankan keselamatan kerja dan kualitas,” ujarnya.

Kelalaian yang dia maksud adalah kelalaian manusia yang menggarap proyek tersebut. Ada prosedur yang tidak dipenuhi.

“Jadi kenapa pentingnya konsultan itu harus hadir sebelum mulai pekerjaan, itu pelaksanaan untuk mengecek persiapan-persiapan itu,” jelasnya.

Konsultan mempunyai peran vital karena bertugas untuk memastikan pekerjaan proyek sesuai dengan pedoman yang ada guna memastikan keselamatan kerja.

Foto Penampakan Kemacetan Parah Akibat Ambruknya Coran Tiang Penyangga Tol BORR

Misalnya apakah pekerjaan sudah sesuai metode kerjanya atau tidak. Cara pengecoran sudah benar atau belum.

“Nah (misalnya) ini bobotnya enggak boleh lebih sekian ton. Kalau naikkan bobot sekian ya pasti roboh,” tambahnya.(gal)

Baca Juga