Beranda Ekonomi

Mahasiswa IPB dapat Beasiswa Hunian dari University Resort

Dr. Alim Setiawan Slamet, Director of Student Affairs and Career Development IPB.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan kampus IPB, tahun ajaran baru 2019 ini pengembang Apartemen U-Resort membuka program menarik, yaitu dengan menyiapkan beasiswa hunian bagi mahasiswa/i IPB yang berprestasi.

Tren pembangunan hunian bagi mahasiswa kian berkembang. Sejumlah daerah potensial seperti Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya, menjadi incaran para pengembang hunian vertikal, yang membidik mahasiswa sebagai pasar utama.

Hanya saja, tidak banyak pengembang yang memiliki komitmen untuk mendukung program serta menjalin kerjasama kongkrit dengan kampus yang disasar sebagai potensial market, atau hanya sekadar mengklaim konsep sebagai apartemen mahasiswa.

Berbeda dengan apa yang dilakukan PT. Prima Permata Agung, pengembang University Resort (U-Resort), Bogor. Pengembang yang membidik pasar Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) itu dari awal membuktikan komitmennya untuk selalu dibaris terdepan dalam mendukung dan bersinergi dengan program IPB.

Yang teranyar, U-Resort memberikan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu namun berprestasi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Beberapa fasilitas yang akan diterima calon penerima beasiswa adalah berupa hunian atau tempat tinggal lengkap beserta biaya penunjang dan pembinaan softskill yang disesuaikan dengan program U-Resort.

“Beasiswa ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung program pendidikan di kampus IPB. Sebelumnya, beberapa waktu lalu kami juga sudah menandatangani nota kesepahaman dengan IPB dan juga Badan Eksekutif Mahasiswa KM Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka sinergi peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan ini juga merupakan salah satu realisasi dari MoU tersebut,” ujar Rio Purnomosidi, Managing Director PT Prima Permata Agung.

Kendati demikian, tentu tidak semua mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa hunian tersebut. Berdasarkan informasi dari website resmi IPB, www.simawa.ipb.ac.id, ada syarat-syarat khusus dan standarisasi yang harus dipenuhi, antara lain; tercatat sebagai mahasiswa aktif dan membutuhkan bantuan finansial (berupa hunian/tempat tinggal).

Calon penerima beasiswa juga diutamakan yang mempunyai prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik, aktif dalam organisasi atau komunitas dalam maupun luar kampus, serta bersedia mengikuti segala peraturan dan pembinaan yang diadakan oleh U-Resort dan IPB. (Informasi lengkap bisa diakses di www.simawa.ipb.ac.id atau menghubungi perwakilan U-Resort).

Pemberian beasiswa ini juga sekaligus untuk menyambut tahun ajaran baru 2019 dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Seperti yang sudah dipublikasikan sebelumnya, untuk pendaftaran dan pengumpulan berkas calon penerima beasiswa dilaksanakan sejak 26 Mei hingga 15 Agustus mendatang.

Sedangkan untuk seleksi berkas akan dilakukan 16 Agustus, seleksi wawancara pada 17 Agustus, selanjutnya akan diumumkan pada 19 Agustus 2019.

Wakil Ketua DPD REI DKI Jakarta ini juga menjelaskan, U-Resort sangat serius dalam penyediaan hunian terpadu khusus mahasiswa dan fasilitas pendukungnya.

Saat ini pembangunan apartemen mahasiswa yang dikembangkan di lahan 1,5 hektar itu terus memperlihatkan progres yang signifikan. Progres hunian vertikal yang letaknya berdampingan dengan kampus IPB itu sudah mencapai 70 %.

“Itu baru untuk tower pertama. Kami berusaha tunjukkan komitmen untuk membangun dan selesai tepat waktu. Akhir Agustus ini unit Apartemen di U-Resort sudah bisa ditempati pembeli dan penerima beasiswa,” imbuhnya.

U-Resort Menjadi Trendsetter

Dr. Alim Setiawan Slamet, Director of Student Affairs and Career Development IPB, menyambut baik inisiatif, dukungan, serta komitmen dari pengembang U-Resort tersebut.

Menurut Alim, adanya pemberian beasiswa dari pihak swasta ini bisa menjadi alternatif terutama bagi yang kurang mampu namun berprestasi untuk mendapatkan hunian yang layak dan mendukung kelancaran proses pendidikannya, sehingga bisa menyelesaikan study-nya dengan baik.

“Kami sangat berterimakasih dan sangat mendukung program ini. Kehadiran U-Resort yang lokasinya dekat kampus IPB bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa utuk mendapat hunian yang sangat layak dan kekinian. U-Resort menjadi model, karena konsep dan fasilitas yang disiapkan sudah disesuaikan dengan kegiatan study di Kampus IPB. U-Resort juga menyediakan transportasi, perpustakaan, view yang indah. Semua ini tentu akan sangat menarik bagi mahasiswa. Untuk belajar membutuh atmosfir yang bagus, apalagi lingkungannya dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang tinggal di sana,” jelasnya.

Dalam hal ini menurut Alim, U-Resort telah menjadi pelopor dan bisa menjadi trendsetter.

“Mereka (U-Resort) tidak hanya mengutamakan profit semata, tapi juga aktif mendukung kegiatan kemahasiswaan. Mulai dari pengembangan minat/bakat, pengembangan karakter, pengebangan kewirausahaan dan lainnya. Kami berharap pengembang yang lain terutama di sekitar kampus IPB juga mengikuti U-Resort,” tutur Alim.

Mitra Resmi IPB dan BEM-KM IPB

Demi komitmen mewujudkan hunian mahasiswa kelas dunia yang terintegrasi langsung dengan kampus dan kebutuhan mahasiswa, U-Resort memang hadir bekerjasama resmi oleh kampus IPB dan BEM IPB.

Kerjasama U-Resort dengan IPB tersebut diawali sejak MoU dengan Rektor IPB tahun 2016 lalu. Hingga saat ini, bisa dikatakan U-Resort merupakan yang pertama dan menjadi satu-satunya hunian khusus bagi mahasiswa di Indonesia yang bermitra dan bersinergi dengan institusi pendidikan.

Di sisi lain, U-Resort juga komit memberikan Rental Guarantee serta Buy Back Guarantee bagi para investor.

“Tidak hanya orang tua, para investor juga dapat membeli unit U-Resort dengan menggunakan program Rental Guarantee. Nantinya para investor akan menikmati uang sewa per bulan seperti layaknya memiliki kondotel atau juragan kost-kostan,” ujar Rio.

U-Resort menurut Rio, tidak hanya sebatas hunian ideal bagi mahasiswa, tapi juga serius menjamin kenyamanan dan keselamatan mahasiswa dalam beraktifitas di lingkungan kampus. Karena itu, U-Resort akan menyediakan fasilitas direct Shuttle Bus menuju kampus yang akan beroperasi setiap hari melayani mahasiswa/i (penghuni).

Dengan segala fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan U-Resort tersebut, sangat wajar bila mahasiswa/calon mahasiswa semakin melirik U-Resort sebagai tempat tinggal.

Selain mendukung kegiatan kampus, yang lebih penting lagi bagi orang tua mahasiswa, akan merasa lebih tenang bila anak-anaknya tinggal di hunian yang nyaman, aman, positif dan produktif serta bebas dari narkoba.

“Seiring dengan itu, dengan adanya beasiswa ini diharapkan dapat membawa nuansa apartemen mahasiswa seperti di luar negeri ke Bogor, sekaligus menjadikan U-Resort sebagai bagian dari cerita sukses anak-anak Anda di masa depan,” pungkas Rio. (*/ysp)

Baca Juga