25 radar bogor

Hore! Mulai Agustus, Transjakarta Masuk Kawasan Universitas Indonesia

DEPOK-RADAR BOGOR, Mulai Agustus 2019, mahasiswa Universitas Indonesia dapat merasakan layanan Transjakarta di kampusnya.

Hal tersebut terealisasi setelah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggelar penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia (UI).

Isinya berupa kerjasama penyediaan fasilitas transportasi bagi mahasiswa UI di area kampus seluas 312 hektar.

“Mulai Agustus mendatang, kawasan UI akan dilayani angkutan publik, Transjakarta,” kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono di kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa (7/9) dikutip dari jawapos.com.

Dalam operasional, kata Agung, layanan Transjakarta rute Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI akan diperpanjang hingga ke dalam kompleks kampus. “Layanan Transjakarta di area UI gratis bagi setiap orang,” tegasnya.

Adapun armada yang dioperasikan berupa bus Metrotrans milik Transjakarta dengan kapasitas 68 orang baik itu duduk maupun berdiri. Kebijakan ini nanti, akan dievaluasi terus menerus untuk mendapatkan hasil dari implementasi penyediaan moda secara optimal.

Transjakarta juga merencanakan menambah rute-rute baru menuju UI, antara lain Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Bogor, dan Margonda-UI. Permintaan itu sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk disetujui. “Harapannya dengan layanan baru semakin membantu dan memudahkan setiap orang. Dan tentunya menambah jumlah pelanggan Transjakarta,” papar Agung.

Lebih lanjut, Rektor UI Muhammad Anis, menyampaikan apresiasi terhadap Transjakarta atas kerjasamanya ini. Kebijakan ini dianggapnya sebagai bentuk dukungan positif terhadap kegiatan akademik di UI.

“Kerja sama ini selaras dengan upaya UI untuk menambah transportasi publik masuk kampus guna mengurangi jumlah kendaraan pribadi serta dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi warga UI – khususnya para mahasiswa maupun dosen dan staf,” pungkasnya. (JPG)