25 radar bogor

Highlands Half Marathon, 3.000 Pelari akan Berlari di Kesejukan Sentul City

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 3.000 pelari akan difasilitasi secara maksimal untuk dapat menjawab tantangan Kawasan Kota Internasional Sentul City yang atraktif.

Kawasan yang telah direalisasikan sejak tahun 1993 ini menyiratkan imaji tentang keindahan alam, kesejukan iklim dan keistimewaan konturnya.

Semua hal itu dipadukan dengan infrastruktur yang tertata dengan konsep terintegrasi sebagai kota internasional. Dengan latar demikianlah Highlands Half Marathon 2019 atau Highlands HM 2019 digelar.

Inisiatif lomba lari half marathon atau menempuh jarak sejauh 21km ini, datang dari Pengembang Sentul City dan mendapat dukungan dari seluruh kelompok usaha dalam grup. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini direalisasikan dengan kolaborasi sejumlah sponsor yang berkomitmen untuk ini, selain juga dengan IdeaRun sebagai race management. Kerjasama yang baik dari berbagai pihak tersebut yang memungkinkan terlaksananya kegiatan yang dieksekusi secara profesional ini.

Lomba lari Highlands HM ini akan dilaksanakan pada Minggu, 29 September 2019, bertempat di Taman Budaya, Sentul City, yang memberikan akses ke kawasan Kota Internasional seluas 3.000 hektar sebagai venue dan rute lomba. Ketinggian kawasan yang berada di kisaran 215m sd 500m dpl, menjanjikan kontur yang seru dengan iklim relatif sejuk. Cuaca pada saat lomba diperkirakan berkisar antara 21 – 33 derajat Celsius.

Cut Off Time Empat Jam dan Klasifikasi Istimewa Kategori Master

Keistimewaan lomba lari ini ditandai antara lain juga dengan Cut Off Time (COT) pada kategori half marathon lebih panjang daripada umumnya.

“Kami menyiapkan waktu COT hingga empat jam untuk memberikan kesempatan kepada pelari menikmati rute secara maksimal,” ujar Jimmy Tjahjanto, Advisor Highlands Half Marathon.

Keistimewaan lain adalah terlihat pada kategori juara dan pemenang yang menempatkan klasifikasi master dalam dua kategori, yakni usia 41 sd 50 tahun dan 51 sd 60 tahun.

Selain itu, para juara dan pemenang pun ditetapkan hingga urutan kelima. Total hadiah adalah di atas Rp 150 juta. Dengan demikian diharapkan ajang lomba ini akan terasa sangat mengakomodir para pelari, terutama pelari master atau mereka yang berusia rata-rata di atas 40 tahun, yang saat ini terus bertambah jumlahnya. Tentu saja seluruh klasifikasi tersebut dibagi menjadi kelompok male dan female.

Sejumlah keistimewaan pada lomba ini diwujudkan sebagai tekad dari jajaran manajemen grup Sentul City yang mendedikasikan lomba ini sebagai The New Challenge. “Ini merupakan tantangan baru yang membangkitkan semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi pelari, agar mereka dapat menikmati berlari di kawasan ini secara maksimal,” ujar Aida Ristany, selaku Head of Committee Highlands Half Marathon

Di sisi lain, tantangan baru ini juga diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi target yang lebih luas, di antaranya menjadikannya sebagai bagian dari destinasi sport tourism yang tengah dibangkitkan oleh provinsi ini. Dengan demikian, lomba ini ditargetkan menjadi kegiatan yang berlanjut hingga tahun-tahun mendatang dan menjadi destinasi bergengsi bagi penggemar lari, untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Sentul City yang berada di wilayah Jawa Barat.

Treatment bagi Komunitas

Registrasi telah dibuka sejak 8 Mei 2019 dengan harga Early Bird, diskon 20% untuk setiap kategorinya. Harga normal per kategori adalah Rp 350.000 untuk HM, Rp 250.000 untuk 10K dan Rp 150.000 untuk 5K. Adapun para peserta dapat melakukan registrasi dengan mengakses website resmi highlandshalfmarathon.com .

Pada saat ini masih berlaku harga khusus bagi komunitas dengan diskon 20% untuk pendaftaran grup berlima. Para pelari dapat mengaplikasikan kode voucher HHM20COMM untuk dapat mengakses diskon komunitas ini.

Keistimewaan lain, pelari akan menjumpai sejumlah kejutan di sepanjang rute, di antaranya spectators yang akan menampilkan keseruan dalam memotivasi pelari di rute. Tentu saja pemandangan indah di kawasan Sentul City ini akan menjadi hiburan visual yang spesial bagi para pelari.

“Kami bangga mempersembahkan lomba lari yang dieksekusi dengan standar bagus, sehingga akan menambah alternatif lomba lari skala internasional, di antara sekian banyak lomba yang sudah ada,” ujar Aida Ristany, selaku Head of Committee Highlands Half Marathon. “Kegiatan ini sejalan dengan konsep kawasan ini yang mengedepankan pencapaian kualitas hidup melalui lingkungan yang tertata baik,” lanjutnya.

Sharing SessionThe New Challenge

Sejalan dengan konsep The New Challenge ini, Sentul City terus aktif melakukan aktivasi untuk mendekatkan diri dengan pelari dan komunitas lari.

Setelah menampilkan dua pembicara dalam sharing session pada saat launching 22 Juni lalu, yaitu Alan Maulana, pelari asal Bandung, dan Santih Gunawan, pelari asal Jakarta, maka pada kesempatan aktivasi kali ini (11 Juli 2019) akan dihadirkan Ridwan Idham (Gadget Geeks) yang akan membahas upaya meningkatkan pemahaman pelari akan performa gadget lari. Acara akan dimoderatori oleh Abah Ush (Agus Hermawan/Running Enthusiast).

Acara yang diselenggarakan bersama dengan Skolari ini terbuka untuk umum dan akan diselenggarakan di Dreezel Café, GBK; pukul 19:00. (*/ysp)