25 radar bogor

Dinilai Risma-Anas Layak Jadi Menteri

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Guslan Gumilang/Jawa Pos)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bukan rahasia lagi, parpol-parpol kini berusaha menempatkan kadernya di barisan kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Namun, PDI Perjuangan (PDIP) mengaku tidak terlibat dalam manuver politik itu.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyampaikan, pihaknya tidak ikut latah seperti partai lain yang menyodorkan nama-nama calon menteri ke presiden. Dia menyatakan, sampai sekarang belum ada nama-nama calon menteri dari PDIP. “Yang pasti ada di dompet Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Red),” ujarnya kemarin (9/7) dikutip dari jawapos.com.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Jawa Pos Photo)

Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menilai wajar jika Jokowi mulai memilah-milah calon pembantunya untuk periode lima tahun mendatang. Termasuk calon menteri muda. Dia lantas menyebut sejumlah figur muda yang layak mengisi kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

“Saya kira mereka sangat layak. Mereka adalah figur muda dan sudah teruji,” ujarnya.

Ari meminta parpol tidak terlalu banyak ikut campur. Apalagi memaksakan agar kadernya dipilih presiden. Menurut dia, kebijakan strategis itu cukup ditentukan presiden. Parpol hanya bisa memberikan masukan saat ditanya. (JPG/magang-damar)