25 radar bogor

Dari Jualan Barang Bekas, Pemulung Asal Bogor Bisa Naik Haji

Maryani (64) warga Kampung Pulo Geulis, RT 02 RW 04, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.
Maryani (64) warga Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, bisa menunaikan ibadah haji dari usahanya sebagai pemulung. Adi/Pojokbogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Seorang pemulung asal Kota Bogor, tahun ini berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Dia adalah Maryani (64) warga Kampung Pulo Geulis, RT 02 RW 04, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sehari-hari Maryani bekerja sebagai pemulung dan sebentar lagi akan mewujudkan impian menunaikan ibadah haji. Dia bisa berangkat ke tanah suci setelah bertahun-tahun menyisihkan uangnya.

Maryani, bersama rombongan calon haji lainnya asal Kota Bogor akan terbang ke tanah suci dalam (Kloter) 88 pada tanggal 01 Agustus 2019.

“Saya pengen naik haji tuh dari tahun 1993 di situ saya mulai ngumpulin uang dari hasil rongsokan seperti botol bekas dan kardus,” ujar Maryani kepada pojokbogor (Radar Bogor Group) saat ditemui di rumahnya, Kamis (11/07/2019).

Maryani mengungkapkan dalam hasil mulungnya dia bisa mengumpulkan hasil rongsokannya sebesar Rp 1,2 Juta per tahun. Hingg akhirnya pada tahun 2012 Maryani mendapatkan uang sebesar Rp 25 juta dan langsung mendaftar dan bisa di panggil tahun 2019 ini. “Karena kalau dikumpulin setiap hari hasilnya sedikit bisa Rp 5.000 atau kalau di kiloin bisa 1 karung dua karung,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga mengungkapkan rasa bahagianya bisa berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. “Alhamdulillah senang banget, fisik sehat kemarin sudah diperiksa,” pungkasnya.(adi/ps/pin)