25 radar bogor

484 Paket Proyek Pemkab Bogor Terancam Gagal Tender, Ini Penyebabnya

Ilustrasi proyek di Pemkab Bogor
Ilustrasi proyek di Pemkab Bogor

CIBINONG – RADAR BOGOR, Masa anggaran tinggal tersisa beberapa bulan lagi. Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) baru menyelesaikan 171 jumlah paket tender dari 694 paket yang masuk. Sementara hingga hari ini, sudah ada 39 paket yang gagal lelang.

Hal itu dikatakan Kepala Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa (ULPBJ) Kabupaten Bogor, Budi Cahyadi Wiryadi. 694 paket yang dilelang tersebut bernilai pagu anggaran sebesar Rp.874 miliar.

“Sementara pagu anggaran yang gagal tender mencapar Rp.45,2 miliar. Jumlah ini merupakan rekapitulasi tender hingga tanggal 8 Juli 2019,” kata Budi di kantornya kemarin (10/7).

Sementara untuk paket yang sudah selesai, Pemkab baru mendapat efisiensi anggaran sebesar 7,56 persen atau sekitar Rp.16,5 miliar.

“Banyak tender tidak lulus evaluasi baik administrasi maupun teknis. Banyak penyedia jasa yang tidak atau belum siap untuk mengikuti,” bebernya lagi.

Tak berhenti sampai disitu, lanjut Budi, para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga seharusnya menyiapkan segalanya. Namun faktanya, para SKPD juga masih ogah-ogahan ajukan lelang.

“Kalau masalahnya masih di SKPD kita gak bisa apa-apa, kami juga nunggu, kalau permohonannya sudah masuk baru kita kerja,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kab Bogor, Wawan Haikal mengatakan bahwa SKPD terkait sudah sewajibnya menyediakan kegiatan. Dengan banyaknya gagal lelang ini sudah seharusnya menjadi pelajaran.

“Ada sisa empat bulan lagi masa lelang, yang masih berjalan mudah-mudahan bisa berhasil,” tambah Wawan. (dka/c)