Beranda Olahraga

Balik ke Juve, Gigi Buffon Dinanti Delapan Rekor

Gianlugi Buffon. (twitter/juventusfc)

TURIN-RADAR BOGOR, Mantan kiper timnas Italia, Gianlugi Buffon kembali ke klub lamanya, Juventus.

Menurut Calciomercato, Buffon bermain semusim bersama Juve. Buffon kembali ke Vinovo, kamp latihan Juve, setelah bergabung bersama Paris Saint-Germain (PSG) pada 2018.

”Hai semuanya, saya ingin menyapa kalian lagi. Saya senang kembali ke rumah dan punya kesempatan merangkul Anda dan mendapat pelukan dari Anda lagi,” tuturnya dalam situs resmi klub setelah menuntaskan serangkaian tes medis, di J-Medical.

”Hari ini akan menjadi hari yang sangat indah dan hari yang paling berbahagia di dalam hidup saya. Hari ini, saya mendapat konfirmasi bahwa hidup ini luar biasa dan layak diimpikan,” imbuh portiere berusia 41 tahun itu.

Dengan kembali ke Juve, maka Buffon sudah dinantikan delapan rekor. Baik itu di Serie A maupun di ajang Eropa. Dengan 640 penampilannya di Serie A, maka tujuh laga lagi, Buffon akan menyamai rekor main terbanyak milik legenda AC Milan Paolo Maldini.

Buffon juga bisa menjadi pemain La Vecchia Signora dengan penampilan terbanyak di Serie A. Buffon ”hanya” bermain 472 laga bersama Juventus. Dia terpaut tujuh laga dari penyerang legendaris Alessandro Del Piero.

Kalau selalu menjadi pemain inti dari 49 laga Juve musim 2019-2020, maka Buffon bakal menyamai rekor Del Piero sebagai pemain terbanyak membela Juve pada semua ajang. Baik domestik maupun Eropa. Total, Buffon berlaga sebanyak 124 pertandingan. Sementara itu, Del Piero menjalani 129 pertandingan Eropa dengan Juventus. Minimal tampil lima kali saat fase grup Liga Champions, maka rekor Del Piero itu akan pecah.

Dengan usia 42 tahun pada Januari 2020, maka Buffon jadi pemain tertua kedua yang bisa bermain di Liga Champions. Dia masih kalah dari Marco Balotta yang bermain di Liga Champions saat usia 43 tahun 253 hari.

Dan jika Juventus mencapai final Liga Champions, maka Buffon adalah pemain tertua yang melakukannya. Usianya di final lebih tua dari Dino Zoff yang membela Juventus pada final 1983. Ketika itu, usia Zoff mencapai 41 tahun dan 86 hari.

Andai menutup musim ini dengan scudetto maka Buffon akan jadi pemain pertama yang mampu mengoleksi sepuluh scudetto Serie A.

Kans Jika menjadi juara di Liga Champions, Buffon juga akan menjadi pemain tertua yang mengangkat trofi Si Kuping Lebar, melewati rekor Paolo Maldini yakni 38 tahun 331 hari.

Delapan rekor tersebut memang tidak akan mudah terealisasi. Apalagi Juve memiliki Wojciech Szczesny yang telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pengganti Buffon di bawah mistar Juve musim lalu.

”Berusia 42 tahun di bulan Januari dan bermain pada level ini tidak akan mudah. Szczesny juga kiper hebat, sama hebat seperti Gigi,” kata agen Buffon, Silvano Martina sebagaimana dilansir Daily Mail. (JPG)

Baca Juga