Beranda Pendidikan

Fahutan UNB Tingkatkan Kompetensi dalam Dua Kerjasama

UNB kembali melakukan kerja sama dengan sejumlah lembaga dan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi akademik warga kampus.

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan 2 lembaga.

Yaitu dengan Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti, Bandung, dalam Kerjasama Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bidang Kehutanan.

Juga dengan PT Lembaga Sertifikasi Profesi Geospasial tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Profesi Geospasial di Jawa Barat.

Dekan Fakultas Kehutanan UNB, Luluk Setyaningsih menyampaikan, penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen Fakultas Kehutanan UNB bersama lembaga lainnya, untuk meningkatkan kompetensi civitas akademika, khususnya, serta masyarakat pada umumnya, dalam bidang iptek dan praktek-praktek kehutanan guna menyongsong era globalisasi dan era IR 4.0.

Kerjasama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti, Bandung, dimaksudkan untuk bersama-sama meningkatkan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

“Pengembangan konsorsium keilmuan, pelaksanaan penelitian, diseminasi dan publikasi hasil penelitian pada bidang kehutanan, serta kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan iptek kehutanan,” katanya kepada Radar Bogor.

Dengan demikian diharapkan akan terjadi percepatan pengembangan dan pemanfaatan iptek kehutan, dan juga dihasilkan profil lulusan kehutanan yang kompetitif di era terbaru.

Sementara, pelaksanaan uji kompetensi profesi geospasial di Jawa Barat yang dikerjasamakan dengan PT Lembaga Sertifikasi Profesi Geospasial, lanjut Luluk merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan GIS (Geographic Information System) Tingkat Dasar. Yang telah diselenggarakan Oktober tahun 2018.

Uji Kompetensi ini diharapkan dapat memastikan bahwa masyarakat yang telah memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja terkait aplikasi GIS sesuai dengan standar yang ditetapkan; yang pada gilirannya akan terjadi pengakuan publik pengguna dan mampu bersaing pada pasar global. (*/pem)

Baca Juga