25 radar bogor

Murah Meriah, Pemandian Mata Air Sodong Jadi Rebutan Warga

Kolam pemandian Mata Air Sodong yang berada di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, tak pernah sepi pengunjung. Hendi/Radar Bogor

JONGGOL – RADAR BOGOR, Jika ada istilah ‘bahagia itu sederhana’ bisa jadi benar. Di kawasan Kabupaten Bogor bagian timur wisata murah meriah pemandian Sodong menjadi rebutan warga di sana juga tamu dari luar kota.

Pemandian Mata Air Sodong yang berlokasi di samping Gunung Kapur tepatnya di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor itu, sering jadi objek pemburu pecinta alam.

Tak hanya pemadiannya, keindahan wisata alam mampu menyuguhkan atmosfir segar bagi pengunjungnya.

Keladinya, Mata air Sodong adalah sebuah sungai, di mana airnya keluar dari dalam tanah di bawah sebuah bukit kapur.

Sebelum airnya jatuh ke sungai di bawahnya dibuatkan bendungan membentuk kolam pemandian.

Salah satu pengelola Pemandian Mata Air Sodong, Ano mengatakan, tempat pemandiannya memang sederhana, namun soal kebersihan pengunjung tak perlu khawatir.

Ano mengatakan, air yang dipakai berasal dari mata air bukit kapur, pihaknya hanya perlu menggunakan filter agar air yang mengalir ke area pemandian lebih steril.

“Dulunya mah buat warga nyuci baju sama buat irigasi, tapi lama-lama banyak yang datang buat mandi sama berenang,” ujarnya, kepada Radar Bogor, kemarin.

Dia menjelaskan, kolam utama yang letaknya berada persis di pinggir jalan. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam renang buatan, yang airnya dari Mata Air Sodong.

Air yang ada di kolam ini, menurut Ano, tidak pernah surut walaupun saat musim kemarau panjang. Apalagi, warna air di dalam kolam tersebut pun tidak pernah kotor sekalipun dipadati oleh pengunjung.

Soal harga masuk, Ano mengatakan, harga yang dipatok cukup bersahabat. Yakni, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10 ribu untuk satu sepeda motor dan Rp20 ribu untuk mobil.

“Airnya selalu bening, dan dingin. Tidak dalam sih airnya paling seperut orang dewasa,” ungkap Ano.

Selain itu, tambah Ano, pengelola pun menyediakan ban bagi anak-anak yang ingin bermain dan merasakan sensasi dinginnya mata air Sodong. Pengelola mematok harga penyewaan ban sebesar Rp5 ribu. “Per harinya wisatawan yang datang bisa mencapai 200 orang,” pungkasnya.

Salah satu wisatawan asal Kota Bogor, Bobi mengaku baru kali pertama berkunjung ke wisata ini. Ia pun berencana mengajak keluarganya untuk merasakan sensasi segarnya Mata Air Sodong.

“Saya sih kebetulan lewat saja, baru pertama kali ke tempat ini, karena lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Bogor. Tapi nanti saya mau coba ajak keluarga saya buat main ke tempat ini,” ujar Haryudi. (cr1/c)