Beranda Metropolis

Dugaan Kecurangan PPDB, Bima: Akan Saya Usut Tuntas

Wali Kota Bogor, Bima Arya

BOGOR-RADAR BOGOR, Banyaknya keluhan masyarakat terkait sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019, langsung ditanggapi Wali Kota Bogor Bima Arya.

Bima pun sudah memerintahkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcakpil), Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Camat dan Lurah untuk menindaklanjuti aduan warga tersebut.

Dikutif dari akun instagramnya, Bima Arya menjelaskan, sudah banyak menerima aduan warga tentang PPDB online. Banyak dugaan manipulasi domisili. Dia pun akan mengusut tutas masalah tersebut. “Akan saya usut tuntas,” tegas Bima.

“Kalau ada oknum yang terlibat kita tindak tegas. Siswa yang terbukti harus didiskualifikasi. Semalam saya cek beberapa rumah di Gang Selot yang diduga jadi titipan domisili pendaftar PPDB online,” terangnya.

Wali Kota menegaskan kalau masalah tersebut serius dan harus diusut tuntas. “Ini soal serius. Ini tentang nilai dan norma. Tidak benar cita-cita anak dilalui dengan cara seperti ini. Ini juga soal keadilan,” terangnya lagi.

Menurutnya, yang berusaha dan berprestasi layak mendapatkan jalan. Yang suka jalan pintas harus diberikan sanksi. Jangan sampai anak-anak lebih memilih untuk kost dekat sekolah favorit atau bergantung pada usaha orang tua daripada kerja keras belajar.

Dia juga menyoroti sistem zonasi yang harus dievaluasi. “Ketersebaran lokasi sekolah yang tidak merata juga masalah serius,” terangnya.

Bagi masyarakat yang menemukan adanya dugan kecurangan PPDB, Bima mempersilahkan untuk melaporkannya ke pos pengaduan (help desk) PPDB SMP/SMA Kota Bogor TA 2019/2020.

Sekertariat Dewan Pendidikan Kota Bogor Jalan Julang No. 7A, Tanah Sareal, Kota Bogor. Waktu pelayanan Senin-Jumat pukul
09:00-15:00 Wib.(pin)

Baca Juga