Beranda Bogor Raya

Tahun ini, Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Cipayung-Ciawi Tahap III Rampung

Lokasi pembangunan Bendungan Sukamahi Ciawi.

CISARUA-RADAR BOGOR, Progres pembebasan sejumlah bidang lahan untuk mega proyek Bendungan Cipayung-Ciawi, Kecamatan Megamendung, saat ini masih menunggu tahap ketiga.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Cisarua, Ahmad Arbik membenarkan, bahwa pembayaran lahan yang difungsikan untuk pembangunan bendungan sudah dilaksanakan sebanyak dua kali.

“Mungkin tinggal satu kali pembayaran, semua bidang lahan sudah bisa dipergunakan untuk pembangunan Bendungan Sukamahi-Ciawi,” kata Arbik saat ditemui Radar Bogor, Senin (24/6/2019).

Tahap pertama, kata dia, ada 39 bidang lahan yang sudah dibayarkan kepada pemilik lahan. Sedangkan tahap kedua sebanyak 39 lahan juga telah dilakukan pembayaran.

“Kalau tahap pertama yang menerima pembayaran itu 11 orang. Untuk yang kedua hanya 9 orang,” kata dia.

Arbik menambahkan, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah bidang lahan dan jumlah pemilik yang akan menerima pembayaran pada tahan ketiga.

Tak hanya bendungan Cipayung Ciawi, kendala lahan dalam pekerjaan bendungan Sukamahi juga masih terjadi.

Sementara itu, Camat Megamendung, Hadijana membenarkan, untuk target pembebasan lahan memang harus tuntas pada tahun 2019. Dan nantinya akan diteruskan pada pekerjaan fisik pada tahun 2020.

“Kalau pembangunan gak mungkin tahun ini. Tapi kalau pembebasan lahannya dipastikan habis lebaran 2019 tuntas semua,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hari Suprayogi optimis bahwa tahun 2020, bendungan Cipayung dan Sukamahi dapat digunakan.

Menurutnya, meski pembangunan bendungan memiliki rata-rata pagu waktu pekerjaan empat sampai lima tahun, dirinya merasa yakin bahwa kedua bendungan tersebut akan segera selesai sesuai perkiraan.(drk/c)

Baca Juga