Beranda Ekonomi

PGN Berkomitmen Perkuat Bisnis Gas di Dalam Negeri

Ilustrasu pegawai PGN tengah memeriksa distribusi gas ke pelanggan, (Dok.JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berhasil mempertahankan kinerja positif pada tahun lalu, baik dari sisifinansial maupun operasional. PGN yang mempunyai lini bisnis pipanisasi Gas, CNG, dan LNG terus berkomitmen memperkuat bisnis dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen sektor gas di dalam negeri.

Dalam memberikan layanan, PGN hadir dengan sejumlah produk dan menyasar segmen pelanggan industri dan komersial, Gas Kita untuk pelanggan rumah tangga, Gas Link untuk pengguna CNG atau LNG, serta GasKu yang melayani sektor transportasi.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan selaku Sub Holding Gas, PGN mempunyai misi menjaga dan memeratakan penggunaan energi baik yang efisien dan aman. “Hal tersebut merupakan misi PGN Group, tujuannya menciptakan nilai ekonomi yang unggul untuk masyarakat dan industri,” ungkapnya.

Sepanjang 2018, PGN mmencatatkan kinerja konsolidasi yang positif. Dari sisi pendapatan mencapai USD 3,87 miliar.Total aset yang dikelola PGN mencapai USD 7,94 miliar. Sepanjang 2018, laba operasional konsolidasi PGN tercatat sebesar USD 645 juta, naik signifikan dibanding perolehan 2017 yang tercatat sebesar USD 515 juta. Hasil positif itu didorong peningkatan dari sisi pendapatan yang sebesar USD3,8 miliar, naik dibanding pendapatan tahun sebelumnya yang tercatat USD 3,5 miliar.

Dengan pendapatan itu, PGN berhasil membukukan laba bersih USD 305 juta pada 2018, naiksignifikan dibandingkan pada tahun 2017 yang tercatat sebesar USD 197 juta.

Kinerja keuangan inipun diganjar penilaian yang stabil oleh berbagai lembaga pemeringkat utang. Secara keseluruhan,kondisi keuangan PGN masih dinilai stabil, tidak buruk selama tahun lalu.

Solidnya pendapatan PGN didukung oleh operasional perseroan sepanjang 2018 yang berhasil meningkatkan volume distribusi gas, dari posisi 894 BBTUD, naik 8 persen menjadi 962 BBTUD pada 2018.Sedangkan untuk transmisi gas, PGN mencetak volume sebesar 2.101 MMSCFD, lebih besar dibandingkan 2.078MMSCFD volume transmisi gas pada 2017. (JPG/magang-damar)

Baca Juga