Beranda Politik

Jadi Barometer Politik Nasional, Anies Favorit Maju Pilpres 2024

Anies Baswedan/Net.rmol.id

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tetap tenang menghadapi polemik yang baru-baru ini mencuat terkait Penerbitan IMB Pulau Rekalamasi Teluk Jakarta.

Pengamat Politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar menjelaskan, sikap tenangnya Anies penting mengingat Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu merupakan barometer politik Indonesia.

“Menurut saya santai saja. Saya yakin dia paham betul dinamika politik yang terjadi. Apa lagi dia (Anies) di Jakarta, jelas sebagai barometer politik di Indonesia. Apapun yang dilakukan oleh Anies, itu pasti akan jadi barometer,” kata Idil saat dihubungi wartawan, Senin (24/6).

Idil menambahkan, apapun yang dilakukan oleh Anies pasti akan menjadi barometer dan dicontoh oleh daerah lainnya, sama seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Maka orang akan selalu menghubungkan dengan penduduk Jawa Barat yang sangat strategis dalam pemilu. Maka, Ridwan Kamil saya menyakini memahami konsekuensi politik pada dirinya. Anies juga seperti itu dalam posisi gubernur, dia di posisi dalam politik nasional,” ujarnya.

Soal politik, Anies tidak terlepas dari radar politik nasional, dan bisa saja cemerlang dalam tahun elektoral politik 2024.

“Menurut saya itu bagian dari dinamika politik, mau tidak mau harus dihadapi. Kalau kita menghubungkan bisa saja, secara politik kemungkinan (Anies) untuk maju (Pilpres 2024) itu ada,” tutupnya. (RMOL/magang-damar)

Baca Juga