Beranda Bogor Raya

Poyek Jalur Ganda KA Cigombong-Cicurug Dimulai, Warga Diminta Kosongkan Rumah

Salah satu jalur pembangunan trek ganda Cigombong-Cicurug.

CARINGIN-RADAR BOGOR, Proyek jalur ganda kereta api Cigombong-Cicurug bagian dari proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi, bakal segera dilakukan.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat juga meminta warga untuk mengosongkan rumah yang terdampak di Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

PJS Desa Cigombong, Yedi menuturkan, pekerjaan jalur ganda kemungkinan akan cepat dilakukan secepat mungkin. Saat ini sosialisasi juga sudah dilakukan kepada warga.

“Kemarin itu sosialisasi pengadaan lahan, kemudian dilanjutkan dengan penertiban,” ujarnya kepada Radar Bogor, Minggu (23/6/2019).

Terkait warga yang terdampak pekerjaan jalur ganda, lanjut Yedi, puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Cigombong dipersilakan untuk mengosongkan bangunan rumah tinggalnya yang berdiri di atas lahan milik pemerintah. “Warga yang terkena penertiban itu ada 45 KK,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk info terakhir penertiban tersebut akan dilakukan sekirannya bulan Juli atau Agustus tahun ini. Karena, sebelumnya PT KAI sendiri sudah mewacanakan penertiban tersebut akan dilakukan usai bulan suci Ramadan. “Warga harus sudah mengosongkan rumah mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cigombong Basrowi membenarkan, bahwa sosialisasi yang dilakukan merupakan tahapan pengadaan lahan. “Tahapannya hanya pengadaan lahan kalau kemarin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Basrowi, untuk pembebasan lahan yang dipergunakan untuk pembangunan jalur ganda juga akan segera dilakukan. “Pembebasan lahan ini tinggal menunggu SK gubernur saja,” bebernya.

Sebelumnya, Perwakilan Balai Teknis Perkeretaapian Jawa Barat, Darya, mengungkapkan pekerjaan rel jalur ganda merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat

Peningkatan perekonomian tersebut ditunjang dengan pembangunan prasarana angkutan yang lebih tepat, waktu yang lebih aman, nyaman dan lebih efisien.

“Intinya pemerintah ingin membangun prasarana transportasi yang lebih baik untuk masyarakat,” pungkasnya. (drk/c)

Data dan fakta

  • Warga terdampak : 45 KK
  • Lokasi pekerjaan : Desa Cigombong
  • Rencana Penertiban : Juli atau Agustus 2019

Progres Realisasi Pekerjaan :

  • PT KAI telah melakukan sosialisasi pengadaan lahan
  • Warga Desa Cigombong telah menandatangani berita acara kesepakatan pekerjaan rel jalur ganda

Baca Juga