25 radar bogor

Jepang Tantang Afghanistan di Final, Iran dan Indonesia Berebut Tempat Ketiga

Timnas Futsal U-20 Jepang. ft/the-afc.com.
Timnas Futsal U-20 Jepang. ft/the-afc.com.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tuan rumah AFC U-20 Futsal Championship 2019, Iran kandas di babak semifinal setelah takluk dari Jepang dengan skor 4-8. Dengan demikian Iran akan jadi lawan Indonesia pada perbutan tempat ketiga, sementara Jepang menantang Afghanistan di partai puncak.

Pada pertandingan di Arena Phoursarifi, Tabriz, Iran, Kamis (20/6/2019) malam, Iran yang tampil di hadapan pendukungnya sendiri serta berstatus juara bertahan, di luar dugaan malah tumbang.

Jepang mengawali penampilan semifinal pertama mereka dengan baik. Empat menit laga berjalan, Hashimoto Reira membawa Tim Sakura unggul usai memanfaatkan bola set-piece. 1-0 Jepang unggul.

Dari tiga pertandingan sebelumnya, Iran tidak pernah kebobolan lebih dulu. Hal itu yang membuat kubu tuan rumah itu langsung tampil menekan dan menuai hasilnya pada menit ke-10 lewat gol Masoud Yousef Shavardazi.

Iran bahkan berbalik unggul pada menit 18 setelah Sajjad Sarbaz sukses memanfaatkan kesalahan pemain lawan.

Tapi keunggulan Iran hanya bertahan 30 detik karena Otsuka Hiroto bisa menyamakan skor menjadi 2-2, sekaligus menjad skor akhir babak pertama.

Jepang mendominasi penguasaan bola di awal babak kedua, meski gawang mereka Hiroshi harus melakukan respon cemerlang untuk menggagalkan peluang Salar Aghapour dan Reza Ghanbarisaeidabad pada menit 22.

Jepang berbalik unggul pada ment 24, kali ini Osawa Mashashi yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-24.

Mendapat dukung penuh penonton yang bergemuruh di Arena Phoursarifi, Iran tidak butuh waktu lama untuk menemukan gol penyeimbang lewat Dehghannezhad. Skor menjadi 3-3.

Beberapa menit berselang, Dehghannezhad bahkan membawa Iran kembali memimpin lewat serangan yang mirip dengan usahanya sebelumnya. 4-3 Iran unggul.

Drama terjadi di 40 detik terakhir ketika Jepang dianugerahi penalti karena tekel keras terhadap Masashi. Motoishi sempurna mengeksekusi penalti untuk membuat pertandingan lanjut ke babak tambahan waktu.

Set-piece Jepang telah mengesankan sepanjang turnamen dan Samurai Biru muda kembali mencetak gol dari bola mati pada menit ke-43. Tendangan bebas Motoishi dari jarak jauh sempat ditepis Niknamtorghabe dan bola rebound tidak disia-siakan Rintaro Iguchi. 5-4 Jepang berbalik memimpin.

Jiei Yamada membuat Jepang menjauh pada menit 47, sebelum kapten Hatakeyama Yuki dan Kimura Yuta memastikan Jepang menang 8-4.

Jepang akan menghadapi Afghanistan di final yang sebelumnya menyingkirkan Indonesia di babak semifinal dengan skor 4-3 juga lewat babak tambahan waktu.

Sementara Iran dan Garuda Muda akan berebut tempat ketiga pada Sabtu (22/6/2019) besok. (Pojoksatu/ulfah-magang)