Beranda Pendidikan

Bentuk Karakter Mahasiswa, Pancasila Mengabdi 2019 Kembali Digelar

Kegiatan Pancasila Mengabdi 2019 di di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kabupaten Bogor.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Senat Universitas Pancasila kembali menyelenggarakan acara pengabdian masyarakat yaitu “Pancasila Mengabdi 2019”.

Acara yang mengambil tema “Mengabdi Dengan Hati Untuk Membangun Negeri” ini mengajak seluruh mahasiswa Universitas Pancasila untuk berkecimpung dan terjun langsung di masyarakat.

Yang diharapkan dari acara ini ialah dapat membentuk karakter mahasiswa/i Universitas Pancasila, agar peduli terhadap problematika yang ada di masyarakat.

Mahasiswa juga didorong untuk menghadirkan solusi atas permasalahan tersebut berdasarkan ilmu yang mereka dapatkan di ruang kelas.

Selain itu pelaksaan program- program dari Pancasila Mengabdi 2019 dirancang agar dapat memotivasi dan menginspirasi warga desa untuk mandiri agar mampu mengelola sumber daya yang dihasilkan di lingkungannya.

Pancasila Mengabdi 2019 akan melakukan pengabdian di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kabupaten Bogor, mulai dari 13 Juli hingga 1 Agusttus 2019.

Pengabdian masyarakat tahun ini merupakan bagian dari RENSTRA (Rencana Strategis) yang dijalankan oleh Senat KMUP dalam acara pengabdiannya.

RENSTRA merupakan landasan dalam menjalankan Pancasila Mengabdi dengan melakukan pembangunan berkelanjutan atas desa binaan yang telah ditentukan, lamanya selama 4 tahun berturut – turut. Tahun ini merupakan tahun kedua atas rencana strategis yang dijalankan dari 2018 hingga 2021 nanti.

Desa Gobang yang memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, mulai dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Wilayah desa yang berada di daerah perbukitan memungkinkan untuk berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur, yang hasilnya dapat diolah lebih lanjut, guna meningkatkan nilai jual dari SDA tersebut.

Selain itu masyarakat Kukuk Sumping Desa Gobang memiliki tingkat partisipasi dan antusias yang tinggi dalam mempelajari hal-hal baru. Sehingga setiap ada hal dapat meningkatkan pengetahuan dan taraf hidupnya, masyarakat setempat akan terbuka dan antusias untuk ikut andil didalamnya.

Permasalahnya adalah warga desa masih kekurang pengetahuan terhadap inovasi di berbagai sektor seperti ekonomi, politik, pemerintahan hingga sumber daya alam.

Kurangnya pembekalan yang diberikan kepada warga menyebabkan nilai jual dari PRUKADES menjadi tidak dapat memenuhi potensi yang dimiliki padahal apabila bahan-bahan alam tersebut dapat dikelola dengan proses produksi yang efektif, maka perolehan laba yang didapat akan optimal.

Selain itu pengemasan produk yang eksklusif serta strategi pemasaran yang terencana akan membuat konsumen tertarik dan berimbas pada tingkat demand yang meningkat.

Hal – hal seperti demikian yang menghambat Desa Gobang untuk berkembang sehingga taraf hidup manyarakat tetap stagnan.

Untuk menyediakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh Desa Gobang. Di tahun ini, Pancasila Mengabdi 2019 akan melaksanakan program yang berfokus pada pembangunan strategis guna mendorong sektor ekonomi kreatif melalui rencana yang telah dimuat dalam RENSTRA Pancasila Mengabdi, fokus kami pada tahun ini adalah:

Pembangunan Strategis melalui pembangunan Gedung Serba Guna

  1. Gedung serba guna dibangun agar dapat menjadi wadah bagi masyarakat sekitar untuk berkumpul dan bermusyawarah dan sarana bersosialisasi
  2. Menjadi pusat tempat pemberdayaan,pengembangan dan pelatihan masyarakat
  3. Menjadi Gudang Hasil Tani bagi kelompok petani. (*/ysp)

Baca Juga