25 radar bogor

Renovasi Mushala ,PWI Kota Bogor Tingkatkan Kenyamanan Beribadah

BOGOR – RADAR BOGOR,Dalam waktu dekat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor akan merenovasi mushala An-Naba PWI yang berada persis dibelakang markas bagi para pewarta di Jalan Kesehatan No 4, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Saat ini, satu-satunya rumah ibadah yang berdiri di lingkungan GOR Pajajaran tersebut, dirasa belum maksimal untuk menampung para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah di musholah tersebut.

Pantauan Radar Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya juga menyempatkan meninjau pengukuran yang dilakukan tim Renovasi Musholla An-Naba disela menjemput temannya dari Australia di lapangan GOR Pajajaran pada Jum’at (14/6/2019) siang.

Ketua Tim Renovasi Musholla, Iwan Kurniawan menuturkan, langkah tersebut dimaksud untuk memperluas kapasitas daya tampung masyarakat umum yang ingin beribadah di musholah yang berdiri pada 1999 tersebut .

Lantas tambah Iwan, dirinya beserta tim akan merenovasi musholla An-Naba yang berada di komplek PWI Kota Bogor agar membuat para jamaah yang datang bisa lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah.

“Juga tentunya kenapa kami melaksanakan renovasi ini latar belakangnya karena bangunan ini sudah berusia karena berdiri pada tahun 1999. Kami juga khawatir atap bangunan mushola itu ambruk, hingga menimbulkan korban. Jadi kami mengantisipasinya dengan segera merenov bangunan mushola itu,” katanya kepada awak media, kemarin.

Jadi, sambung Iwan, akan ada beberapa bagian yang diperluas, mulai dari sayap kiri yang dihabiskan hingga menempel ke tembok pagar komplek PWI, hingga tempat untuk imam yang dipercantik. Tak hanya itu, sejumlah sarana pendukung seperti tempat wudhu berikut kamar mandi akan ditambah.

“Saat ini kalo bisa dihitung kapasitas musholla hanya bisa menampung 15 jamaah. Karena semisal, ketika ada event di area GOR Pajajaran, kapasitas musholla tidak mencukupi bagi masyarakat yang akan beribadah. Bahkan, untuk ke kamar mandinya dan berwudhu harus antri. Otomatis shalat juga harus antri,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, tim renovasi bersama rekan wartawan Kota Bogor telah melakukan pengukuran dan membuat konsep renovasi. Tim renovasi juga telah mendatangkan tim arsitek untuk bangunannya serta pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB). RAB masih dalam penghitungan, baru nanti setelah terbentuk sketsa biayanya akan terhitung jelas.

“Bentuk dan luasannya juga akan dilihat nantinya. Karena mungkin ini renovasi besar-besaran untuk menambah kapasitas juga. Mudah-mudahan dengan perluasan ini bisa berjalan maksimal,” tukasnya. (cr2)