25 radar bogor

Usai Lebaran, Puskesmas di Wilayah Bogor Barat Diserbu Pasien

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR,Meski lebaran sudah lewat satu pekan lebih, namun beberapa Puskesmas di wilayah Bogor Barat menglami lonjakan. Salah satunya melakukan pemeriksaan berbagai keluhan seperti penyakit panas maupun diare.

Menanggapi hal ini, Kepala Puskesmas Cibungbulang James Tambunan mengatakan, sampai minggu kedua pasca lebaran warga yang berobat meningkat dari hari biasanya mencapai 10 sampai 15 persen.

“Ia usai libur panjang banyak warga yang berobat, mereka mengeluhkan panas (demam, red) dan dan gangguan pada lambung,” kata James kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia juga mengatakan, selain warga yang berobat di poli, ada juga tim kesehatan melakukan jemput bola ke rumah warga salah satunya lansia. Hal ini salah satu pelayanan kepada masyarakat sekitar.

“Ada juga yang dilakukan perawatan warga sekitar Kecamatan Cibungbulang, karena sebagian tidak langsung ke puskesmas melainkan petugas mendatangi ke rumahnya,” ucapnya.

Hal Senada dikatakan Kepala Puskesmas Nanggung Baringin Manik. Untuk di Kecamatan Nanggung peningkatan mencapai 17 persen baik anak maupun dewasa.

“Kebanyakan mereka menderita penyakit ISPA, diare, hipertensi, asma untuk yang di rawat tidak ada, sedangkan yang dirujuk ke RS tujuh orang,” tambahnya.

Di Puskesmas Jasinga pun mengalami peningkatan yang signifikan warga yang berobat ke puskesmas kurang lebih dari 50 persen dari hari biasa. Menurutnya kondisi ini akibat perubahan cuaca.

“Kalau di Puskesmas Curug warga yang berobat itu mengeluhkan penyakit ISPA dan gastritis atau gangguan pencernaan,” tutupnya.  (nal)