Beranda Berita Utama

Keluyuran ke Toko Bangunan, Setnov Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Pasca viral foto Setnov di Toko Bangunan Padalarang, Kalapas Sukamiskin pindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor, Jumat (14/6/2019). (Arief/pojokjabar)

BANDUNG-RADAR BOGOR,Terpidana kasus korupsi E KTP yang juga mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, dipindahkan ke lapas Gunung Sindur Bogor, Jumat (14/6/2019) malam.

Pemindahan yang cukup mendadak ini disebabkan adanya  foto Setnov yang viral tengah mengunjungi sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, Liberty Sitinjak membenarkan pemindahan tersebut.

‎”Jadi malam ini Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur (lapas teroris, red) supaya pengamanannya super maksimum. Karena, menurut saya ini perlu dilakukan. Di Lapas Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme,” papar Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberty Sitinjak di Lapas Sukamiskin Bandung seperti dikutip dari pojoksatu.id.

foto viral Setya Novanto di toko bangunan di Kabupaten Bandung

Diakui Kakanwil Kemenkumham, jika pemindahan ini berkaitan dengan beredarnya foto Setnov bersama istrinya di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada hari ini.

Namun, dirinya membantah pemindahan terkait akumulasi dari kejadian-kejadian sebelumnya seperti berada di rest area KM 97 dan berada di RM Padang di RSPAD Gatot Soebroto.

“Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini,” tegasnya. ‎‎

Setya Novanto sendiri, menurut Kakanwil Kemenkumham Jabar, meminta izin keluar Lapas Sukamiskin pada 12 Juni lalu untuk berobat rawat inap di RS Santosa Bandung.

“Jadi memang izin tanggal 12 juni dan baru kembali pada Jumat (14/6) sekitar pukul 19.00, karena ada kejadian tadi siang, malam ini setibanya di Lapas Sukamiskin, pihaknya langsung memeriksa Setnov dan memutuskan untuk memindahkan ke Lapas Gunung Sindur,” paparnya.

Setnov sendiri, setibanya di Lapas Sukamiskin, langsung diperiksa intensif petugas Lapas. (rif/pojokjabar/ysp)

Baca Juga