25 radar bogor

Ada Gelombang Tinggi, BMKG Ingatkan Warga Bogor Tak ke Pantai Laut Selatan

BOGOR-RADAR BOGOR,Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor mengimbau masyarakat waspada gelombang tinggi di sepanjang Pantai Laut Selatan satu pekan ke depan.

Bagian Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga Kabupaten Bogor, Hadi Saputra, mengatakan, gelombang tinggi cumulonimbus (awan gelap, red) akan terjadi di sepanjang laut selatan.

“Kami memprediksi ombak tinggi dan besar bakal terjadi di hampir seluruh pantai di laut selatan. Ini semua kami perkirakan berlangsung mulai dari 13 Juni hingga 19 Juni atau kurang lebih satu pekan ke depan,” katanya seperti kepada metropolitan.id (Radar Bogor Grup)

Tak hanya itu, gelombang tinggi juga diakibatkan adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan di belahan bumi selatan, tepatnya di Samudera Hindia, Australia, dengan belahan bumi utara di Laut China Selatan.

Tingginya kecepatan angin yang mencapai kurang lebih 30 hingga 35 kilometer per jam, memberikan daya tekan pada air laut yang berdampak tingginya gelombang di sejumlah perairan, khususnya pantai selatan.

“Angin yang bertiup membuat tekanan terhadap air laut dan gelombang besar. Ditambah adanya aktivitas siklon tropikal dan siklon ampil, pokoknya kurang lebihnya seperti itu. Agak rumit kalau dijelaskan,” ujarnya.

Fenomena tersebut, sambung Hadi, menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di sejumlah pantai. Tingginya gelombang bisa mencapai dua hingga enam meter. Hal itu diperparah dengan masuknya musim kemarau yang membuat jumlah dan intensitas angin bertiup lebih kencang.

“Biasanya faktor musim kemarau bisa memengaruhi tingginya ombak di hampir seluruh pantai selatan. Tapi semua itu prediksi kami, semuanya masih mungkin berubah. Yang jelas satu pekan ini ombak pantai cukup tinggi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga Kabupaten Bogor, Budi Suhardi, mengimbau masyarakat tidak pergi ke sejumlah pantai selatan di pulau Jawa.

“Kita hanya mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika ingin pergi ke pantai. Kalau bisa ditahan dulu, karena ombaknya sedang besar,” pesannya.