25 radar bogor

Pemkab Bogor Gelontorkan Dana Rp2,5 Miliar Bangun Puskemas Cijujung

Lokasi pembangunan Puskesmas Cijujung. Hendi/Radar Bogor

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Warga Cijujung bakal memiliki layanan kesehatan anyar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah membangun Puskesmas Cijujung yang berlokasi di Kampung Cijujung RT 02/04, Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Proyek yang menggunakan dana APBD tersebut menelan anggaran Rp2,5 miliar, dengan luas lahan 1.625 meter. Nantinya, puskesmas tersebut bakal melayani tiga desa.

Kepala Puskesmas Cijujung, Doni Aria Candra mengatakan, selama ini di wilayah Cijujung dan sekitarnya belum memiliki Puskesmas yang ada hanya Pustu. Itu pun kondisinya bangunanya sudah tak layak sehingga dibangun Puskesmas.

“Nantinya puskesmas Cijujung bakal melayani Desa Cijujung, Desa Dukuh, dan Desa Ciaruteun Ilir untuk pelayanan kesehatan. Tapi tidak ada Poned hanya pelayanan rawat jalan saja,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Erwin Suriana menjelaskan, pembangunan Puskesmas di Cijujung sangat dinanti warga sekitar. Selama ini, masyrakat masih mengandalkan Pustu sehingga perlu Puskesmas yang lebih besar dan layak.

“Pustu Cijujung dulunya hibah masyarakat ke Pemda. Nanti Dinkes mengembalikan aset tersebut melalui DPKAD dan mengenai peruntukan selanjutnya diserahkan kebijakan ke Pemda,” jelasnya.

Ia menuturkan, pembangunan Puskesmas ada standar khusunya artinya selain pembangunan tidak asal- asalan tentunya harus dilengkapi ruangan instalasi gawat darurat (IGD).

“Kita berharap semua masyrakat Kabupaten bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, dan Puskesmas semuanya di lengkapi Poned,” pungkasnya.

Sekedar informasi, anggaran pembangunan tersebut sebesar Rp 2,5 miliar, dan pelaksana fisik CV Fahrizky Putra, dengan jenis pekerjaannya relokasi puskesmas Cijujung dengan masa kerja 150 hari kerja.(nal/c)