25 radar bogor

DLH Jonggol Kewalahan, 20 Truk Sampah Lebaran diangkut

Produksi Sampah
Petugas DLH tengah mengangkut sampah di pinggir jalan.

CIBUBUR-RADAR BOGOR, Sejak awal pekan hingga Kamis (13/6/2019), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jonggol masih saja disibukan dengan tumpukan sampah usai libur panjang Lebaran pada pekan lalu.

Kepala UPT DLH Wilayah Jonggol, Iwan Sosiawan Yunior mengatakan, sampah lebaran yang terangkut baru 20 truk atau sebanyak 140 kubik.

Jumlah itu, kata Iwan belum keseluruhan. Dia mengatakan, masih banyak sampah yang belum terangkut dan akan dilakukan secara bergilir.

“Sehari kami hanya mampu mengangkut sepuluh truk karena keterbatasan armada. Sisanya kami angkut hari berikutnya,” katanya kepada Radar Cibubur, kemarin (14/6).

Sementara petugas kebersihan DLH, Maman (35) mengaku, volume sampah lebaran yang menumpuk, membuat dia dan petugas lainnya bekerja keras selama tiga hari terakhir belakangan ini.

“Sampahnya numpuk sekali. Truk juga sudah penuh, masih ada tumpukan. Mau gak mau diangkut setelah mengirim sampah ini ke TPS (tempat pembuangan sampah)Galuga,” katanya saat ditemui Radar Bogor di Jalan Alternatif Cibubur.

Dia melihat, volume sampah Lebaran tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Paling banyak justru sampah-sampah liar. Mau tidak mau tetap diangkut. Karena selain membahayakan pengendara jalan, juga membuat kumuh,” tuturnya.(all/c)